FA - StrowberyJasalogounik.com  – Bukan hal yang mengherankan lagi kalau dikatakan 9 dari 10 kekayaan itu dari perniagaan. Kenyataannya memang demikian, roda perputaran harta banyak berpusat pada perniagaan. Berikut ini kami ingin berbagi tips wirausaha buat pembaca. Barangkali tips dari kami Anda sudah cukup berpengalaman, namun tak ada salahnya untuk kita amati bersama. Berikut tips sukses berwirausaha berawal dari kerja keras dan disiplin. Sukses berwirausaha tentunya jadi harapan setiap orang. Bagi seorang muslim, kaya merupakan sebuah karunia yang besar, bagi yang mampu dan memahami kewajibannya. Dan, sedikit kami memberi wejangan, bahwa mencapai sukses itu tidak harus mencapai jalan pintas. Sukses merupakan karunia, gagal pun merupakan kesuksesan yang tertunda. Kedua-duanya sama baiknya, bila dihitung dari kesamaan kadar takwanya. Berikut ini kami berikan diantara kunci sukses berwirausaha versi JasaLogoUnik.

 

Sukses berawal dari cita-cita

Hal ini merupakan inti yang pokok dari setiap orang yang hendak berwirausaha, tanpa terkecuali. Cita-cita merupakan penggerak dari dalam diri, dan ia merupakan bagian visi-misi yang agung.

 

Sukses adalah buah dari kerja keras

Kata orang sukses itu terdiri dari 1% bakat dan 99% kerja keras. Yah! Pendapat ini tidak bisa diabaikan, sebab banyak sekali orang sukses bahkan tanpa memiliki bakat sedikitpun. Mereka dapat meraih sukses dengan kesungguhan dan kerja keras. Selanjutnya, bakat itu akan ia miliki begitu saja. Sudah barang tentu hal itu diraih dalam waktu yang lama dan membutuhkan kesabaran, disiplin dan konsistensi.

 

Gagal adalah kesuksesan yang tertunda

Ini merupakan motivasi besar bagi orang yang sukses. Kegagalan itu bukan tolok ukur seseorang menjadi bangkrut, namun ia sebenarnya adalah salah satu kunci dari kesuksesan. Dengan kegagalan, ia akan belajar. Dengan kegagalan, bukti ia berusaha. Dan tanpa pernah merasakan gagal, tanda bencana besar akan menimpanya esok hari. Kegagalan adalah guru yang galak, namun ia adalah guru yang peduli dan paling “berkesan”, kalau boleh dibilang seperti itu. Setiap kali Anda melakukan kesalahan, ia akan langsung menegurmu dengan kasar. Dan setiap dirimu menghadapi masalah, ingatanmu akan memanggilnya agar engkau tidak salah dan masuk dalam lubang yang sama. Saya ingat sewaktu teman saya berkata, “Kalau kamu ingin menjadi orang sukses, kamu harus siap menerima kegagalan yang paling pahit… Setelah itu kamu baru akan merasakan berdiri diatas kesuksesan…” Tentu saja ini bukan ditujukan untuk menakut-nakuti, karena memang tak ada manusia yang tidak mendapatkan masalah. Sekali lagi, tanpa kegagalan engkau tidak akan belajar menyelesaikan masalah, dengan begitu problem besar akan menantimu esok hari.

 

Meraih Kesuksesan dengan Disiplin

Ini adalah diantara kunci penting kesuksesan yang paling menentukan. Tak akan ditemui orang sukses tanpa kunci rahasia ini. Meninggalkannya sama saja dengan  berhenti melangkah dan siap menerima kegagalan. Katakan kepada mereka yang tidak disiplin dan konsisten meraih kesuksesan apapun itu, “Jangan bermimpi menjadi orang sukses, kalau malas masih kau jadikan sebagai teman setiamu.”

 

Sukses tak harus no. 1

Hendaknya kita bukanlah orang yang termasuk memiliki pandangan materi. Harus menjadi yang terbaik, paling terkenal, menjadi terlaris dan yang lainnya. Ingat, hal itu bukanlah diantara kunci kesuksesan. Walaupun banyak sekali orang lain tidak sepakat dengan hal ini. Akan tetapi, kenyataannya memang demikian. Memaksakan diri harus menjadi nomor 1 merupakan salah satu penyebab ia menjadi lupa diri dan lupa daratan. Bahkan menjadi sebab konsentrasi untuk meraih kesuksesan yang hakiki akan hilang. Kita ingin menjadi orang sukses, namun kita juga tidak ingin menjadi budak dari kesuksesan kita. Karena sukses bukanlah segala-galanya. Saya teringat dengan apa yang dirilis oleh Google pada halaman Webmasternya. Kesalahan dari SEO (Search Engine Optimation) adalah keyakinan atau asumsi memiliki website harus menjadi top 1 page range (menjadi web teratas pada halaman pencarian Google). Dikatakan bahwa hal ini adalah, “kesalahan yang sering dilakukan”. Nah, seperti itulah manusia. Janji-janji menjadi yang no. 1, justru menjadi senjata oknum tertentu untuk memberikan tawaran yang menggiurkan.

 

Inti kesuksesan bagi seorang muslim

Bagi seorang mukmin, sukses adalah sarana menuju ketakwaan, dan akan ia tinggalkan dari kehidupan ini. Sedangkan yang menemaninya hanyalah amal kebaikan. Menempuh kesuksesan memakan waktu dan usia. Maka apa yang terjadi bila dalam perjalanan menempuh kesuksesan diri itu hanya disibukkan dengan kepentingan pribadi dan mengesampingkan amal kebaikan. Tak ada gunanya sukses bila tidak dihiasi dengan amal kebaikan dari kesuksesan itu. “Sukses dalam hal apapun, inilah diantara kata kuncinya.” Cukup sekian dulu tips wirausaha yang kami share-kan, bila ada kurang dan kesalahan, kami mohon maaf. Semoga bisa diambil manfaatnya, dan kami ucapkan terima kasih karena bersedia membaca artikel, “Sukses berwirausaha berawal dari kerja keras dan disiplin,” sampai selesai. Bila Anda suka artikel ini jangan lupa beri “like” atau “rate” ya!? (JasaLogoUnik | ide kreatif, ide original)

 

 

Baca juga artikel berikut ini: