Jasalogounik.com — Ada kalanya mock-up berguna dalam sebuah presentasi logo, supaya dapat memastikan bahwa hasil karya logo yang telah dibuat oleh seorang desainer benar-benar relevan dan representatif dengan visi-misi perusahaan. Berikut ini sekilas tentang betapa perlunya mock-up dalam presentasi logo.

Pengertian mock-up secara umum

Mock-up merupakan manipulasi grafis, umumnya menggunakan software Adobe Photoshop, yang bisa mengilustrasikan suatu desain vector menjadi hasil pra-cetak. Tujuan dibuatnya mock-up sendiri adalah untuk menampilkan fast-preview atau ilustrasi pada suatu karya desain sebelum dicetak.

Hal ini cukup membantu untuk memberikan gambaran kepada kita atau kepada klien, tentang bagaimana proyeksi suatu desain jika ingin dicetak. Boleh jadi pula, tujuan dibuatnya mock-up adalah hanya sekedar mengobati rasa ingin tau, sejauh apa karya desain itu dapat menarik perhatian publik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh mock-up pada desain logo dan branding stationery. Salah satunya adalah logo Putra Setra.

Perusahaan ini bergerak di bidang persamakan kulit untuk dijadikan sebagai bahan garment, misalnya tas, sabuk, sepatu dan lain-lain.

Jasa pembuatan desain logo Putra Setra by Jasalogounik.com
logo Putra Setra by Jasalogounik.com
Jasa pembuatan desain logo Putra Setra by Jasalogounik.com
Branding gimmic mug untuk logo Putra Setra by Jasalogounik.com

Menggunakan sarana mock-up untuk “mengelabuhi”

Sudah seyogyanya mock-up menjadi sarana yang baik untuk mempresentasikan karya desain logo. Jadi, dibuatnya mock-up bukan untuk “menutupi” kekurangan atau kelemahan hasil karya desain grafis secara umum, khususnya dalam hal ini adalah desain logo.

Boleh dikata, bahwa mock-up cukup efektif untuk “menutupi” inferioritas kualitas desain logo sebenarnya. Hal ini biasanya dapat kita temui di kalangan desainer pemula. Dimana mock-up kadang-kadang digunakan sebagai sarana untuk “mengelabuhi” klien. Meskipun perlu dicatat bahwa tidak semua desainer pemula melakukan hal tersebut.

Padahal, bukan seperti itu seharusnya tujuan mereka dalam menggunakan mock-up.

Nah, bagi klien sendiri, tentu akan merasa bimbang, bagaimana mereka dapat mengenali kualitas suatu desain logo memang benar-benar berkelas jika mereka mendapatkan preview logo melalui mock-up?

Jawabannya: Mintalah logo yang disodorkan kepada anda ditampilkan dalam bentuk flat, alias tanpa mock-up. Maka anda dapat mengetahui bagaimana mutu desain logo sebenarnya.

Sebagai contohnya adalah seperti logo Putra Setra berikut ini:

Logo Putra Setra
Logo Putra Setra by Jasalogounik.com

Menggunakan mock-up untuk memantapkan pilihan klien

Jasalogounik.com sejauh ini menjadikan mock-up sebagai sarana untuk memantapkan pilihan diantara beberapa desain yang krusial.

Alhamdulillah, karya-karya desain logo di Jasalogounik.com banyak disukai oleh klien. Hal ini tentu berkat kerjasama yang baik dengan klien. Selain itu, desainer kami juga terus berusaha untuk memaksimalkan ruang bereksplorasi ketika membuat konsep logo terbaik dari yang terbaik.

Walhasil, meskipun opsi pilihan desain logo yang kami tawarkan terbilang sedikit, baik itu terdiri dari dua pilihan logo, tiga pilihan logo atau bahkan empat pilihan logo, maka tidak jarang kesemua konsep tersebut disukai oleh klien-klien kami.

Hal ini menegaskan, bahwa kami adalah penyedia jasa desain logo yang lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Buat apa pilihan logo yang ditawarkan ada banyak, namun jika itu adalah hasil desain dengan kualitas yang rendah.

Tidak jarang, ada klien yang merasa puas dan tertarik dengan semua pilihan konsep logo yang ditawarkan oleh desainer Jasalogounik.com, sehingga mereka bingung harus memilih yang mana.

Oleh karena itu, ada kalanya klien Jasalogounik.com memilih dua opsi yang ditawarkan, meskipun harus rela dengan membayar lebih banyak.

Dan ada kalanya, mereka harus puas mengambil salah satu diantara opsi-opsi yang diberikan oleh desainer Jasalogounik.com.

Adapun peran mock-up dalam kasus ini adalah untuk memantapkan pilihan klien untuk menentukan mana logo yang akan mereka ambil. Sebab, jika klien menghendaki untuk memiliki kesemua konsep logo, maka mereka harus membayar lebih. Sedangkan konsep yang tidak mereka ambil maka tetap menjadi hak Jasalogounik.com untuk menggunakannya kembali.

Perlunya mock-up dalam presentasi logo

Demikianlah, sekilas wawasan tentang mock-up yang patut untuk diketahui oleh pengguna jasa desain logo, serta merupakan pengetahuan tambahan bagi desainer yang sepantasnya digunakan dalam batas yang sewajarnya.

Harap bisa memaklumi, jika dalam artikel ini terdapat curhat dari kami, guna mengisi kekosongan paragraf demi paragraf. Karena inilah diantara cerita unik yang kami peroleh sebagai seorang desainer di Jasalogounik.com.

Kami percaya, jika anda adalah juga seorang desainer grafis, mungkin anda juga punya cerita unik tersendiri.

Betul kan?

Jasa desain logo profesional berkelas

Jika anda sedang mencari desainer logo yang profesional dan berkelas, kini anda sudah berada di tempat yang tepat. Kami menawarkan jasa desain logo profesional untuk berbagai keperluan, baik untuk UKM, start-up, toko online, toko offline, organisasi maupun perusahaan.

Harga yang kami tawarkan akan sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Kami telah berpengalaman dalam bidang desain logo selama lebih dari 7 tahun. Segera kontak kami untuk pemesanan desain logo berkualitas. [ombranding]

Related Post: