Jasalogounik.com – Identitas produk atau perusahaan pada dasarnya adalah bagaimana Anda menampilkan diri Anda kepada pelanggan atau konsumen. Hal ini merupakan visi-misi yang paling umum yang dimiliki oleh pengusaha dalam menjalankan sebuah bisnis. Berikut tim Jasalogounik.com ingin menyajikan “Pentingnya membangun identitas produk atau perusahaan” dan bagaimana langkah-langkah sederhana untuk mencapainya.

Identitas produk atau perusahaan boleh dikatakan sebagai awal dari branding usaha Anda. Konsumen akan mudah mengingat dan mengenal produk atau perusahaan Anda dengan identitas (branding) tertentu yang Anda miliki. Misalnya dengan warna tertentu, corak tertentu atau desain logo tertentu yang memiliki ciri khas. Dengan ciri khusus tersebut, produk atau perusahaan Anda akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang, baik dari segi penampilan dan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Nah, kira-kira upaya apa saja yang dapat kita lakukan untuk membangun branding yang bagus buat bisnis kita?

Berikut ini kami dari tim Jasalogounik.com dengan senang hati berbagi tips khusus buat Anda, bagaimana membangun identitas produk atau perusahaan yang baik dan berkualitas.

Membangun identitas (branding)

Penting untuk diingat, bahwa dalam rangka membangun identitas produk atau perusahaan haruslah  fokus pada visi-misi yang Anda buat. Dari mana Anda beranjak dan apa target yang ingin Anda capai.

Alangkah baiknya jika Anda selalu melakukan evaluasi dan inspeksi terhadap segala hal yang terkait dengan produk atau perusahaan Anda. Pastikan bahwa Anda berada pada rel yang benar. Tidak menyimpang dari visi-misi yang Anda canangkan sedari awal.

Selain itu, mintalah pendapat teman dekat atau kerabat Anda untuk menilai sejauh mana kelayakan produk atau perusahaan Anda. Tanyalah apa pendapat mereka ketika produk favorit Anda akan diterjunkan di tengah sengitnya medan persaingan pasar. Atau bagaimana komentar mereka ketika Anda memiliki cita-cita membangun perusahaan raksasa?

Pastikan pula bahwa dalam membangun indentitas sebuah produk atau perusahaan Anda tidak melakukan keputusan yang “aneh”, yang justeru akan merusak image produk atau perusahaan Anda sendiri.

Sebagai contoh, pertama, ada sebuah usaha jus alami dibangun dengan konsep yang “aneh”. Singkat cerita, usaha ini dijalankan dengan mobil van yang ditutupi oleh rumput-rumput dan juga ranting yang berserakan di setiap sisinya. Barangkali hal itu dimaksudkan untuk memunculkan kesan “alami” yang kuat, supaya orang akan mudah mengenalinya.

Kedua, Ada juga penjual jus yang mangkal di tepi jalan yang ramai dilalui banyak orang, kemudian ia membuat banner kecil bertuliskan, “Stop! Jangan tengok kiri. Di sini menjual jus segar.”

Mungkin, bagi sebagian orang, kedua contoh diatas adalah sebuah ide menarik yang akan membuat calon konsumen Anda merasa suka. Benarkah? Menurut sepengetahuan kami, hal tersebut justeru bisa membunuh bisnis Anda. Apalagi jika kedua cara tersebut diterapkan sejak pertama kali merintis bisnis.

Pada contoh pertama, cara seperti itu justeru akan merusak image sebuah usaha. Hal itu dikarenakan trik branding yang digunakan terlalu aneh dan tidak tepat sasaran. Bukannya membuat orang merasa kagum, tapi justeru akan memunculkan kesan kotor, kumuh dan tidak bersih.

Adapun pada contoh yang kedua, jika menurut hemat kami, akan membuat orang merasa tidak tertarik untuk mengetahui lebih jauh apa produk yang sedang ditawarkan. Dikarenakan cara-cara seperti itu sudah bukan zamannya lagi hari ini.

Padahal, tujuan kita membuat banner adalah bagaimana supaya orang mau mengenal apa yang sedang kita tawarkan. Dan sekarang adalah saatnya bagaimana cara kita menyampaikan kepada khalayak bahwa kita menawarkan suatu produk yang sedang meraka butuhkan. Disitulah kuncinya.

Memilih nama produk yang tepat

Nama yang tepat akan membantu untuk mewujudkan impian Anda meraih identitas produk dan perusahaan yang baik. Anda mungkin dapat menilai kualitas produk dengan nama yang tertera pada labelnya. Atau bagaimana perusahaan raksasa dengan namanya yang begitu eksklusif.

Anda juga dapat melihat bagaimana nama-nama produk yang murah-meriah yang banyak sekali beredar di pasaran. Dengan nama yang disandingnya, Anda sudah bisa menilai secara umum bagaimana kualitas produk atau perusahaan yang bersangkutan.

Barangkali nama daerah tertentu dapat dijadikan sebagai nama perusahaan Anda. Dengan alasan untuk memperkenalkan keindahan alam yang dimilikinya atau ciri khas yang mungkin lebih mudah untuk dikenal. Akan tetapi, mungkin akan menghambat proses perkembangannya untuk masuk ke wilayah-wilayah lainnya atau dalam kepengurusan administratif.

Pertimbangkan pula bagaimana nantinya jika diaplikasikan pada nama domain, misalkan perusahaankreatif.com atau bangkitusahamajusejahteraabadi.com

Apakah pemilihan nama perusahaan akan memudahkan pengucapan atau malah membuatnya sulit diingat dan dieja oleh orang awam. Memiliki nama perusahaan yang terlalu panjang mungkin akan menyulitkan ketika anda ingin website. Karena dalam aturan membuat nama domain perusahaan khususnya .co.id diharuskan sama persis dengan nama PT dari perusahaan itu sendiri.

Brainstorming dan riset pasar mungkin akan membantu Anda untuk meringankan beban pikiran Anda. Hindari kata-kata sensitif yang mungkin banyak orang tidak suka, misalnya “iblis”, “bakso setan”, “kucing garong”, atau kata-kata parno lainnya.

Nama yang baik akan mencerminkan identitas produk dan perusahaan Anda. Permainan kata yang pas mungkin akan membuat banyak orang suka dengan produk atau perusahaan Anda.

Membuat desain logo yang profesional

Sebuah logo mungkin akan bekerja jauh lebih baik dari pada ucapan dan promosi yang berbusa-busa. Tips yang ketiga ini adalah tips terakhir dan yang paling banyak memberikan pengaruh buat branding produk atau perusahaan Anda.

Mengapa? Sebab, pengaruh visual itu terkadang memiliki dampak yang lebih besar, lebih instant, yang akan mempengaruhi keputusan seseorang. Contoh sederhananya adalah seperti penjual jus alami yang telah dipaparkan oleh tim Jasalogounik.com

Logo yang baik akan mendukung branding dan indentitas produk anda menjadi lebih baik. Dengan logo yang baik akan menjadikan branding produk atau perusahaan akan semakin tampak profesional dan menarik. Keserasian antara logo dan setiap aset perusahaan Anda akan memberikan kesan yang profesional dan elegan di mata konsumen.

Desain logo yang profesional akan bekerja dengan baik pada berbagai media kecil maupun besar. Baik pada amplop atau billboard iklan Anda. Online maupun offline, semuanya akan ditampilkan secara harmonis, rapi dan profesional. (Baca: Desain grafis adalah salah satu sarana untuk menciptakan branding yang baik)

Ia akan membawa dampak positif yang besar dan akan memberikan daya tarik yang luas. Barangkali Anda tidak merasakan dampaknya, namun konsumen akan menilai secara visual sejauh mana keseriusan Anda dalam mambangun branding terhadap produk dan perusahaan Anda. Desain logo yang baik adalah pondasi branding produk atau perusahaan yang baik. Dan dengan branding yang baik pula, produk dan perusahaan Anda akan semakin mudah dikenal dan diingat banyak orang secara luas.

Jasa desain logo perusahaan marketplace by Jasalogounik[dot]com
Jasa desain logo perusahaan marketplace by Jasalogounik[dot]com

Dalam hal ini, tim Jasalogounik.com dapat membantu Anda untuk mewujudkan impian itu. Dengan senang hati kami akan mendengarkan setiap ide-ide yang ada di benak Anda untuk kami wujudkan dalam bentuk visual, yaitu desain logo yang profesional.

Seorang desainer akan mencurahkan segenap kemampuan, intelektual dan waktunya untuk bekerja sebaik mungkin. Mereka akan terus berfikir bagaimana membangun konsep logo yang baik dan profesional yang sesuai dengan produk atau perusahaan Anda. (Silahkan kunjungi klien Jasalogounik.com untuk melihat portfolio kami selengkapnya).

Percayakanlah urusan desain grafis baik untuk logo maupun branding kepada desainer kepercayaan Anda. Pilihlah desainer yang selalu update skill dan kemampuannya dalam bidang desain grafis. Sejauhmana pengetahuan seorang desainer untuk mendesain logo yang tepat untuk karakteristik perusahaan Anda adalah sesuatu yang penting.

Setiap logo yang profesional akan memiliki filosofi tersendiri di dalamnya. Mungkin desain logo anda akan terlihat berbeda dari yang pernah Anda perkirakan sebelumnya. Hal ini dikarenakan logo itu dibuat dengan desain yang sangat sederhana dan harus dibuat dengan bentuk yang paling fleksibel. Komunikasi yang baik akan membuat Anda mengerti apa yang terbaik buat Anda, produk atau perusahaan Anda.

Kerjasama yang baik akan menghasilkan sinkronisasi dan hasil akhir yang baik. Berangkat dari ide yang cemerlang dan akan diwujudkan dalam bentuk visual yang profesional.

Desainer logo yang profesional bukan hanya bicara soal sejauhmana kemampuan dan kecepatan dalam melakukan eksekusi terhadap desain logo. Akan tetapi, ia lebih kepada sejauhmana ketelitian dan pengalaman dalam meletakkan poin demi poin sehingga dapat dirangkai dalam bentuk desain logo yang baik dan berkesan di hati konsumen. [OmBranding/smarta]