Jasalogounik.com — Sudahkah anda mengetahui, apa pengaruh sekejap mata dari sebuah karya desain logo? Ya…! Sebuah desain memang terkadang dapat membawa pengaruh yang instan, walaupun tak selamanya begitu. Demikian halnya dengan sebuah logo perusahaan yang kreatif dan original. Sebuah karya yang profesional akan selalu tergambar padanya sebuah keseriusan dan profesionalisme. Tak ayal, jika karya yang dihasilkan membuat pengaruh positif terhadap orang yang melihatnya dalam waktu singkat.

Lebih dari itu, desain yang kreatif dan dengan kombinasi warna yang harmonis dapat mengundang perhatian orang. Ia akan terlihat “berbeda”dengan alam disekitarnya. Membuat orang akan lebih fokus dan ingin mengetahuinya lebih jauh. Berikut kami akan membahas secara singkat apa Pengaruh sekejap mata dari sebuah karya desain logo dan darimana ia bisa diperoleh?

Desain logo yang harmonis

Sebuah karya desain logo memiliki pengaruh dalam sekejap mata jika ia adalah desain logo yang harmonis dan disusun dari berbagai objek yang tepat. Hal inilah, yang menjadi alasan, mengapa suatu karya desain logo dihargai begitu mahal. Karena, tidak sembarang orang yang dapat mewujudkan tujuan ini dalam sebuah desain logo.

Merupakan sebuah tantangan tersendiri mencari talenta yang tepat untuk bisa menuangkan ide pada sebuah logo. Pada saat yang sama, seorang desainer memerluka waktu yang tepat dan cukup untuk mencari inspirasi yang bernilai, sehingga dapat dituangkan pada suatu karya desain logo.

Detail geometry untuk logo Basic by Jasalogounik.com untuk Desain logo yang berkesan. Pengaruh sekejap mata sebuah desain logo.
Detail geometry untuk logo Basic by Jasalogounik.com

Sebagai contoh dalam kasus ini adalah pada desain logo Basic, yaitu sebuah perusahaan yang bergerang dibidang kontraktor dan stone crusher.

Pernahkan anda membayangkan, betapa sulitnya untuk mendapatkan icon yang tepat dan representatif dengan perusahaan ini. Karena, dengan mendengar bidang pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan ini, maka kita akan punya gambaran umum tentang bagaimana logo yang tepat untuknya.

Setidaknya, logo dibuat harus bisa mewakili bidang pekerjaan perusahaan, yaitu logo yang maskulin, simple namun dapat memberikan representasi yang tepat. Jika ini telah diperoleh, maka pengaruh sekejap mata dari sebuah desain logo dapat dicapai untuk tujuan yang positif. Misalnya, membuat orang yang melihat akan mudah mengingatnya, membuatnya tertarik untuk mencari lebih jauh tentang siapa dan bagaimana perusahaan ini. Serta, untuk hal-hal positif lainnya yang berkenaan dengan branding perusahaan. (Baca: 4 alasan penting mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo yang profesional).

Rincian elemen logo untuk Basic by Jasalogounik.com Desain logo yang berkesan dan Pengaruh sekejap mata sebuah desain logo
Rincian elemen logo untuk Basic by Jasalogounik.com

Pada diagram gambar diatas, telah diperlihatkan hasil akhir dari tim desainer Jasalogounik.com untuk logo perusahaan Basic. Disana telah dijelaskan, tentang apa makna-makna setiap elemennya. Setiap detail logo diperhatikan dengan sangat baik. Mulai dari geometry, komposisi, layout dan apa elemen-elemen yang dilibatkan dan yang tidak dilibatkan. Pemilihan warnanya dan font-nya pun tidak boleh dikesampingkan. Sehingga korelasi antar satu bagian logo dengan bagian yang lainnya dapat terjalin dengan baik dan tepat.

Sebagai hasil akhirnya, kita dapat melihat logo Basic adalah desain logo yang simple, maskulin dan sangat praktis. Namun, dibalik semua ke-simple-annya itu, terdapat presentasi logo yang panjang lebar, menarik dan representatif dengan bidang pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan.

Saya sendiri, sebagai orang yang membuat logo ini, merasa tidak pernah bosan untuk menikmati hasil jerih payah saya dalam logo Basic. Karena, membuat saya senang dengan setiap detail yang ada, filosofi yang terkandung di dalamnya dan proporsi desain logo yang tepat yang menyusunnya.

Bagi saya, ini adalah pengaruh sekejap mata dari sebuah karya desain logo yang profesional dan berkelas. Yang tidak bisa diraih, melainkan harus melalui proses penelitian dan eksperimen yang tidak instan. (Baca: Dapatkan desain logo profesional dan lampaui kompetitor anda mulai dari sekarang).

Ketika desain logo perusahaan dibuat dengan desain yang dinamis dan harmonis, maka akan terjadi keseimbangan diantara setiap elemen yang telah dibentuk. Hal ini pun akan membuat mata yang memandangnya menjadi tertarik dan tak akan pernah merasa bosan. Bahkan, boleh jadi, ia akan menjadi salah satu penggemarnya.

Desain logo perusahaan kontraktor by Jasalogounik.com Pengaruh sekejap mata sebuah desain logo
Desain logo perusahaan kontraktor by Jasalogounik.com

Sebuah logo hanya menyediakan space terbatas yang hanya cukup menampung kedipan mata. Namun sebuah logo harus memiliki banyak makna yang tersimpan, sehingga akan membuat mata tidak mau bekedip, lantas memerintahkan kepada otak untuk mengingat apa yang telah dilihatnya.

Karena itulah, meskipun ukuran logo itu sangat kecil dan dalam bentuk yang simple, namun tugasnya dalam dunia visual sangatlah besar. 

Logo yang profesional memiliki geometry yang rumit. Logo yang profesional memiliki fisolofi yang menarik. Logo yang profesional memiliki arti yang sangat berkesan.

Mungkinkah hal itu dapat ditemui pada logo-logo kebut semalam? 

Tentu tidak. 

Perlu anda ketahui, sekelas desainer logo profesional kadang membutuhkan waktu hingga 8 bulan sampai logo benar-benar memiliki hasil yang istimewa. (Baca: Beberapa saran untuk founder perusahaan ketika ingin membuat desain logo)

Dampak positif desain logo yang harmonis

Setiap desain logo yang harmonis, tentu akan menyita perhatian setiap orang. Karena, seakan-akan, setiap bagian logo itu saling berinteraksi satu dan lainnya. Apalagi, jika orang yang melihatnya mengetahui story yang ada pada sebuah logo dan bagaimana detail brief-nya.

Sehingga, ia akan berusaha menebak-nebak, darimana alur “cerita” pada sebuah logo itu dimulai.

Demikianlah, mengapa presentasi dari sebuah desain logo itu sangat penting, sehingga dapat memberikan pengaruh dalam sekejap mata. Dan inilah alasan mengapa logo yang baik itu adalah logo yang memiliki “Story Telling” dan hal ini mustahil bisa diraih hanya dalam proses waktu kebut semalam.

Adalah sebuah makna branding usaha yang tinggi, ketika sebuah paket desain dapat diaplikasikan secara fleksibel dan penuh makna. Tak hanya brand perusahaan yang semakin melejit, namun motivasi yang mendalam dalam sebuah karya desain yang profesional sudah barang tentu sebagai buah dari keseriusan dalam menjalani sebuah usaha.

Ketika sebuah desain logo sudah dibuat dalam bentuk yang sangat menarik, maka tidak boleh mengesampingkan fungsinya sebagai logo. Yaitu, bahwa seyogyanya logo itu dapat digunakan dalam berbagai media, seperti pada kop surat, kartu nama, stationary, gimmic dan untuk tujuan-tujuan lainnya baik cetak maupun elektronik (mobile app atau website).

Sehingga, tidak hanya ketertarikan visual yang dicapai, namun juga fleksibilitasnya juga dapat diandalkan. Dengan begitu, logo akan mudah disebar-luarkan dan semakin banyak orang yang mengenal dan menyukainya. (Baca: Mengapa desain logo perusahaan saya disukai banyak orang?)

Proporsi logo yang tepat untuk Basic by Jasalogounik.com Desain logo yang berkesan
Proporsi logo yang tepat untuk Basic by Jasalogounik.com

Mengerjakan desain logo harus dengan ilmu

Kami segenap tim Jasalogounik.com juga mengakui, bahwa membuat logo sangat menguras tenaga dan pikiran. Ketika kami mengerjakan 1 project logo, tenaga dan pikiran benar-benar terkuras. Kabar baiknya, tim Jasalogounik.com sudah memiliki SOP tersendiri, sehingga insya Allah, setiap persoalan desain logo dapat dipecahkan solusinya. Selama ini kami bekerja melalui prosedur dan disiplin ilmu yang sudah kami rancang sendiri. Sehingga setiap karya desain logo kami sangat disukai oleh klien-klien kami, tanpa terkecuali untuk desain logo perusahaan konsultan yang satu ini.

Kebanyakan desainer logo, pada umumnya, hanya menyuguhkan tampilan yang menarik namun kosong dari isi atau makna. Padahal sejatinya, logo harus bisa relevan dengan perusahaan yang bersangkutan dan sebisa mungkin dapat diwujudkan dalam bentuk yang menarik dan berisi (penuh makna).

Tujuan akhir dari sebuah karya desain semestinya tidak hanya untuk acc dari perusahaan yang menggunakan jasa dari seorang desainer, namun lebih kepada mutu dan karya yang akan banyak digemari. Sehingga, karya suatu logo benar-benar akan viral jika banyak orang yang menyukainya. terlebih, jika desain logo tersebut adalah desain yang memiliki banyak arti dan makna yang positif. (Baca: Desain grafis adalah sarana untuk menciptakan branding yang baik).

Demikianlah pembahasan saya tentang apa pengaruh sekejap mata dari sebuah karya desain logo dan apa benefit-nya. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan kita tentang desain logo, sehingga dapat merencanakan dengan baik langkah-langkah suatu branding agar tidak banyak menghabiskan waktu dan biaya yang tidak perlu. [Umar]