Jasalogounik.com – Brand Book atau Brand Manual Guidelines adalah sebuah buku pedoman branding yang harus dimiliki oleh setiap bisnis. Tujuannya adalah agar setiap bisnis memiliki arah yang jelas dan dan menjaga citra bisnis tetap konsisten. Pada artikel sebelumnya Dengan Brand Book, proses branding perusahaan menjadi optimal terdapat dua pertanyaan penting tentang Brand Guidelines.

Pertama, “Apakah jika sudah memiliki Brand Book, maka brandingnya akan lebih cepat dikenal daripada yang belum memiliki Brand Book?”

Kedua, “Apakah jika sudah memiliki Brand Book, proses brandingnya lebih instan dari pada yang tidak memiliki Brand Book?”

Dengan Brand Book, proses branding perusahaan menjadi optimal
Ingin brand anda tampak profesional? Miliki Brand Book sekarang!

Dengan Brand Book anda akan tau bagaimana menata space desain branding perusahaan

Pada kesempatan ini, kedua pertanyaan tersebut akan dijawab secara global, sebagaimana berikut:

Pertama, bahwa Brand Manual Guidelines adalah buku manual yang mengatur bagaimana mengatur strategi materi desain grafis yang dipublikasikan oleh perusahaan. Materi desain grafis itu bisa berupa corporate stationary, katalog, banner, voucher, brosur, space advertising atau yang lainnya.

Kedua, bahwa Brand Manual Guidelines adalah buku pedoman yang mengatur bagaimana space yang tepat untuk materi desain berusahaan anda. Bagaimana agar tetap konsisten antar materi desain satu dengan yang lainnya. Sehingga publik akan mengenali setiap materi desain yang dipublikasikan adalah dari perusahaan kalian. Hal ini akan menanamkan memori pada publik untuk membuat brand perusahaanmu terkenal.

Ketiga, bahwa dengan Brand Manual Guidelines kalian akan tau bagaimana menata space desain branding perusahaan secara tepat dan efisien. Misalnya. mengatur berbagai space atau layout dalam berbagai materi desain katalog, presentasi, poster, voucer, header jejaring sosial (instagram, facebook, twitter, WA, dll) atau materi desain lainnya.

Keempat, bahwa Brand Manual Guidelines adalah buku manual bagaimana menggunakan materi desain perusahaan kalian secara tepat dan teratur. Sehingga desain logo yang kalian miliki menjadi efisien dan praktis. Serasi dengan desain kelengkapan lainnya, baik yang sudah dibuat, sedang dibuat dan akan dibuat di masa yang akan datang.

Apa keuntungan memiliki Brand Book?

Apakah jika sudah memiliki Brand Manual, maka brandingnya akan lebih cepat dikenal daripada yang belum memiliki Brand Manual?

Jawaban: Jika digunakan secara tepat sesuai dengan aturan, ada beda perusahaan yang punya Brand Manual dengan yang tidak memiliki Brand Manual. Bagi perusahaan yang sudah memiliki Brand Manual, brandingnya insya Alloh lebih top dari pada yang belum punya Brand Manual.

Ada banyak sekali perusahaan yang sudah mempunyai logo profesional, namun karena tidak tau bagaimana menggunakan logonya secara tepat, akhirnya logo yang sebelumnya bagus menjadi tidak serasi lagi dengan materi desain perusahaan lainnya (baca: Belum punya Brand Book? Yuk kita ulas urgensinya).

Apakah jika sudah memiliki Brand Manual, proses brandingnya lebih instan dari pada yang tidak memiliki Brand Manual?

Jawaban: Branding adalah proses dan terus berlangsung selama perusahaan masih ingin eksis di hadapan publik. Brand Manual ini adalah pedoman dan salah satu cara bagaimana perusahaan terus melakukan proses branding melalui desain grafis.

Karena branding itu tidak pernah mengenal kata berhenti. Promosi dan promosi harus terus dilakukan. Adapun Brand Manual ini adalah cara menampilkan pencitraan yang baik kepada publik. Yaitu melalui penyajian secara desain grafis, yang efektif dan teratur tertata rapi.

Apakah sama perusahaan yang diatur secara rapi secara sistematis dalam menampilkan desain brandingnya dengan perusahaan yang tidak memiliki aturan sama sekali? Tentu berbeda bukan!?

Lebih profesional yang mana? Tentu jawabannya adalah lebih profesional yang memiliki Brand Manual.

Demikianlah tetralogi sederhana yang membahas tentang apa dan bagaimana keuntungan yang diperoleh dengan memiliki Brand Manual.

Segenap tim Jasalogounik.com mengucapkan terima kasih yang banyak kepada Jilovers semua karena berkenan mempelajari betapa pentingnya memiliki Brand Manual. Semoga artikel tentang Tetralogo Brand Book yang telah disusun oleh segenap tim Jasalogounik.com dapat bermantaat bagi kita semua. [OmBranding/Jasalogounik]