Jasalogounik.com – Apabila sebuah usaha yang sudah mapan, lalu mengalami perubahan yang besar, misalnya; terdapat peningkatan penjualan, promosi, perubahan pada target konsumen atau karena ada perombakan pada sistem management, maka hal tersebut boleh menjadi alasan yang kuat mengapa perusahaan harus mengganti desain logo mereka. Dalam bahasa desainer logo, istilah ini disebut juga dengan redesain logo atau bahasa lugasnya adalah melakukan revolusi terhadap logo mereka.

Selain berangkat dari faktor internal dan eksternal, alasan perusahaan mengganti logo mereka juga bisa dikarenakan untuk tampil lebih profesional, sehingga bisa selangkah lebih maju dari para kompetitornya. Karena, sudah diakui, bahwa ketika branding perusahaan itu baik dan logo perusahaan itu baik, maka akan meningkatkan percaya diri di kalangan staff dan karyawan perusahaan.

Pada saat yang sama, kompetitor pun akan merasa minder. Hal ini pun, merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan merupakan serangan yang dilakukan secara mental kepada para kompetitor.

Pada saat ini, audiens sudah mulai tau mana desain logo yang unik dan profesional dan mana desain logo yang dibuat secara amatiran. Jika audiens sudah demikian pintar, sebagai perusahaan besar, harus bisa tampil prima dan terhormat di hadapan publik.

Di lain sisi, ketika perusahaan tampil dengan branding yang baik, meskipun hanya sebatas gimmic, ini pun sudah cukup sebagai daya pikat tambahan bagi target konsumen. Secara tidak lugas, perusahaan ingin menyampaikan, “Kami adalah perusahaan profesional yang memperhatikan setiap detail produk atau layanan kami”.

Bahkan, jika pada produk yang dijual oleh perusahaan menyematkan desain logo yang unik dan profesional, terutama jika menggunakan size yang besar, tentu hal ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap konsumen. Jika desain logo tersebut unik dan menarik, maka orang yang mengenakannya pun akan merasa bangga dan percaya diri.

Lantas, bagaimana jika kebalikannya?

Katakanlah konsumen suka dengan produk apparel yang dijual oleh perusahaan tertentu, namun karena alasan ada logo perusahaan di kaos tersebut yang ukurannya cukup besar (padahal logonya kacau balau), maka apa yang terjadi?

Boleh jadi konsumen tidak jadi membeli…

Dampak positif desain logo profesional bagi Perusahaan dan pengaruhnya dalam branding
Desain logo & identity KMS Logistics by Jasalogounik.com

Alasan penting mengapa perusahaan harus mengganti logo mereka?

Mengapa perusahaan harus melakukan redesain atau mengganti logo mereka? Mungkin anda sudah membaca artikel kami 30 desain logo yang buruk, dan kami telah memberikan alasan kuat mengapa sebuah logo mendapatkan predikat yang buruk dan wajib untuk diganti.

Mungkin itu hanyalah salah satu alasan mengapa perusahaan harus mengganti logo mereka. Namun, boleh jadi alasan lain yang menyebabkan perusahaan harus mengganti logo adalah karena logo yang saat ini digunakan sudah tidak lagi relevan dengan bisnis atau keadaan zaman yang aktual.

Ada berbagai projek redesain logo yang pernah dilakukan oleh tim Jasalogounik.com dan alasan klien memutuskan untuk mengganti logo mereka pun beraneka ragam. Diantaranya ada yang merasa kurang percaya diri ketika berkumpul dengan para kompetitor di suatu tempat dan ada juga yang beralasan untuk meningkatkan moral staff dan karyawan perusahaan.

Dari sekian banyak projek redesain logo yang pernah dikerjakan oleh tim Jasalogounik.com salah satu yang kami perkenankan untuk dipublikasikan adalah logo KMS (owned by PT. Bangun Beton Indonesia).

Project Description

KMS, owned by PT. Bangun Beton Indonesia
November 2017

KMS adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi yang fokus pada pengantaran barang material alam menggunakan dump truck. Perusahaan berencana untuk melakukan renovasi terhadap logo agar dapat memberikan semangat baru bagi seluruh staff dan karyawan.

Disamping itu, dengan adanya logo yang baru ini, perusahaan dapat mengembangkan bisnis ke berbagai sektor yang diinginkan.

Pada akhir tahun 2017 lalu, Jasalogounik.com terlibat dalam projek rebranding identity KMS. Adapun kunci penting dan juga solusi kreatif yang diberikan untuk KMS dalam kasus ini adalah berupa desain logo yang simple, berkarakter kuat dan relevan untuk beberapa sektor bisnis yang akan dikembangkan oleh perusahaan di masa depan.

Adapun poin penting yang dijewantahkan dalam logo KMS ini adalah sebagaimana berikut:

1. Logo tampak flat dan modern.

2. Logo bersifat universal, namun tetap unik, sehingga relevan dengan sektor bisnis lain yang akan dikembangkan oleh perusahaan.

3. Redesain logo KMS yang baru akan membawa semangat baru, namun tetap meninggalkan karakter dan citra perusahaan sebelumnya.

4. Logo tampak keren, sehingga dapat memberikan semangat baru dan kebanggaan yang lebih. Khususnya jika diterapkan pada desain kartu nama, branding mobil dan seragam.

5. Logo dibentuk dalam desain yang simple dan berkarakter kuat, sehingga tetap fleksible dalam berbagai penerapan baik stempel, bordir, cetak maupun untuk icon aplikasi.

Dampak positif desain logo profesional bagi Perusahaan dan pengaruhnya dalam branding. Jasa desain logo profesional dan branding berkelas. Tips membuat logo dan branding yang bagus
Desain logo dan branding mobil (konsep) KMS by Jasalogounik.com
Diantara proses eksplorasi dan sketsa desainer logo Jasalogounik.com untuk KMS
Sketsa logo KMS jasa desain logo profesional Jasalogounik.com
Diantara proses eksplorasi dan sketsa desainer logo Jasalogounik.com untuk KMS
Desain logo KMS lama
Desain logo KMS lama

Apakah anda menemukan kejanggalan pada logo perusahaan?

Alasan yang paling urgent dan penting mengapa perusahaan harus mengganti logonya adalah ketika ada kejanggalan dalam sebuah logo tersebut. Alasan lainnya adalah, boleh jadi karena perusahaan tanpa sengaja atau tidak sengaja melakukan plagiat terhadap karya desain logo milik orang lain.

Hal ini sangat mungkin, karena dulu, ketika sudah mulai banyak orang menggunakan internet, mereka kenal dengan mesin pencari Google. Ketika mereka ingin hasil yang instan, mereka pun mulai menjadi beberapa desain logo yang bagus yang ada di mesin pencari Google.

Setelah berjalannya waktu, mereka baru menyadari, bahwa perbuatan itu adalah perbuatan tidak terpuji atau plagiat. Hingga akhirnya, karena khawatir akan “tersandung” di masa depan, owner perusahaan memutuskan untuk mengganti logo mereka.

Hal ini berdasarkan pengalaman tim Jasalogounik.com dan inilah alasan yang paling mendasar untuk memutuskan redesain terhadap sebuah logo. Selain untuk menghindari masalah yang tidak perlu, redesain logo setidaknya dapat meningkatkan image perusahaan di mata publik.

Ditengah ketatnya persaingan pasar bisnis, terutama bagi mereka yang acap kali tampil di muka umum, maka meningkatkan image perusahaan adalah bagian daripada branding dan saat ini hal tersebut adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan.

Desain logo perusahaan anda generik dan overuse? Segera lakukan redesain sekarang juga

Alasan lain mengapa perusahaan mengganti logo mereka adalah boleh jadi karena mereka pernah menggunakan jasa desain logo yang tidak profesional. Sehingga, desain logo yang didapat bukanlah karya desain logo yang unik dan profesional, namun lebih cenderung pada karya yang generik, sudah umum atau overuse.

Mengapa bisa terjadi suatu logo itu generik atau overuse? Padahal sudah melakukan order pada desainer logo atau website yang menyediakan jasa desain logo online.

Jawabannya bisa ada banyak. Namun, hal ini tidak lepas dari dua kemungkinan.

Pertama, semakin maraknya template desain-desain yang diklaim dapat digunakan sebagai desain logo, padahal sejatinya hal itu tidak bisa digunakan sama sekali.

Hal yang mengagetkan adalah, ketika desainer Jasalogounik.com mengikuti kontes desain logo di internet dengan bayaran dollar. Secara tidak sengaja menemukan satu atau lebih karya-karya desain logo yang merupakan hasil template. Padahal, semua orang saat ini sudah tau, bahwa untuk bisa menjadi klien yang diadakan oleh penyedia kontes logo, maka modal yang harus dikeluarkan sangat besar daripada harus menghubungi desainer logo secara langsung.

Nah, bagaimana jika memang betul elemen logo yang digunakan pada kontes logo tersebut adalah hasil template?

Kedua, semakin maraknya website-website AI (Artificial Intellegent), yaitu website yang dapat memberikan saran desain kepada manusia untuk logo perusahaan mereka. Jenis website-website AI juga ada banyak, ada yang fuli otomatis dan ada juga yang manual disesuaikan dengan keinginan pengunjung.

Semakin banyak orang menggunakan kedua fitur yang telah kami sebutkan diatas, maka semakin banyak pula kemungkinannya logo-logo di dunia ini tidak lagi kreatif, tidak lagi original, tidak lagi unik dan tidak lagi profesional. Siapapun mengklaim bisa membuat logo. Padahal, ilmu atau skill untuk bisa membuat desain logo yang profesional tidak bisa diraih dengan cara dan waktu yang instan.

Nah, apakah anda pernah mengalami hal yang sama sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas?

Jika iya, terus bagaimana?

Sebaiknya secepat mungkin dilakukan redesain terhadap logo perusahaan anda! Jangan sampai tertangkap basah dan akhirnya terjadi masalah dikemudian hari, oleh pemilik logo sebelumnya. Oleh sebab itu, saya pribandi menyarankan agar menghindari desain-desain logo yang tidak profesional meskipun mungkin anda tergiur karena harganya yang murah. (Baca: Cara mengenali desainer logo amatir, apakah anda sudah tau?).

Sudahkah anda melakukan redesain terhadap logo perusahaan anda?

Alasan perusahaan mengganti desain logo mereka adalah sangat banyak. Diantaranya yang paling penting dan sudah tidak bisa lagi ditunda adalah jika logo tersebut mengandung unsur plagiat, generik, overuse, mengambil dari Google atau sudah tidak lagi relevan dengan keadaan zaman yang aktual.

Alangkah baiknya, jika setiap owner melakukan evaluasi dari waktu ke waktu terhadap desain logo perusahaan mereka, baik sebelum atau ketika sudah menggantinya. Hal ini, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, biaya mengganti desain logo tentu tidak cukup dengan harga yang murah. Jika demikian, sudah sepatutnya untuk mempertimbangkan dengan baik kemana anda melakukan order desain logo perusahaan anda.

Apakah anda tergiur dengan harga yang murah, atau anda lebih mempercayakan kepada desainer logo profesional?

Ketika logo perusahaan tampil di muka umum, maka sudah barang tentu keadaan logo haruslah baik. Ia harus tampak unik dan profesional dan mencerminkan sebuah perusahaan yang terkait. Citra sebuah logo perusahaan profesional harus mampu memberikan cerminan bahwa perusahaan tersebut anda adalah perusahaan yang sungguh-sungguh bekerja dan komitmen untuk memberikan mutu layanan yang terbaik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuah logo perusahaan kita tampil profesional dan membuat terpukau setiap orang yang memandangnya. Jika anda ingin merubah desain logo perusahaan anda menjadi lebih baik, silahkan menghubungi Jasalogounik.com [Umar]

 

 

Related Post: