Jasalogounik.com – Pada artikel sebelumnya sudah dibahas beberapa hambatan yang dihadapi ketika hendak melakukan branding terhadap perusahaan. Diantaranya adalah karya desain logo masih cenderung monoton dan generik. Selain itu, fungsi logo hanya diakui sebatas pelengkap dan tidak membawa identitas (ciri khas) yang jelas. (Baca:  Beberapa saran untuk founder perusahaan ketika ingin membuat desain logo)

Berikut ini saya ingin mengemukakan beberapa alasan yang sekiranya menjadi bahan pertimbangan buat anda di masa depan. Mengapa desain logo perusahaan harus dengan tampilan yang menarik? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Desain logo yang unik menjadi kesan yang tak terlupakan

Wayne Stuetz adalah seorang founder landscaping, di White Plains, New York, mengatakan, “Banyak sekali orang meminta kaos yang terdapat logo dari perusahaan saya. Ternyata, menurut mereka logo saya sangat mengesankan dan setiap kali seseorang melihatnya, sulit bagi mereka untuk melupakannya.”

Sebagai informasi bahwa landscaping adalah sebuah tempat dimana semua orang bisa berkumpul di taman, mengadakan even sosial dan menikmati pemandangan alam yang menarik.

Berdasarkan penuturan Wayne Stuetz tersebut, kita bisa fahami bahwa logo yang unik dan profesional akan memberikan kesan yang selalu diingat. Bahkan, lebih dari itu, dimana logo sudah menjadi lifestyle bagi komunitas tertentu.

Branding-logo-rumah-makan-sambal-by-Jasalogounik(dot)com-2
Branding logo rumah makan sambal, Mbak Idah, by Jasalogounik.com

Jika demikian, tanpa harus mempromosikan perusahaan kepada orang lain, anda sudah memiliki agen yang dengan senang hati merekomendasikan perusahaan anda kepada publik. Hal ini akan menjadi metode kampanye massal yang tentu sangat efektif dan efisien. Bahkan dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan membuat scope target potensial menjadi lebih luas.

Stand out dari pesaing anda bermodal desain logo yang unik

Pernahkah anda melakukan survey secara online maupun offline, sejauhmana posisi dan daya tarik logo perusahaan anda? Misalnya dengan melihat hasil penelusuran di mesin pencarian gambar Google, seberapa menonjol tampilan logo anda dibandingkan dengan logo perusahaan yang lain?

Melalui cara sederhana ini, anda dapat mengukur sejauhmana daya tarik logo perusahaan yang anda miliki dibanding logo perusahaan kompetitor anda. Selain itu, anda juga akan mengetahui betapa sedikitnya perusahaan yang keluar dari keumuman desain logo yang monoton dan terlalu klasik.

Alih-alih melakukan redesain terhadap logo mereka, branding stationary seperti kartu nama, kop surat bahkan brosurpun, sama sekali tidak pernah berubah sejak 1 dekade terakhir. Sekali-kali jangan pernah anda ikuti langkah tersebut dan jangan pernah membiarkan bisnis anda terbengkalai dan tidak terurus.

Jaga selalu loyalitas pelanggan anda

Pelayanan yang baik memang menjadi inti agar pelanggan anda tetap setia kepada perusahaan. Namun demikian, sebelum anda merasa yakin dengan semua itu, bagaimana pendapat anda jika pesaing anda ternyata tampil dengan branding yang lebih menawan?

Misalnya dengan mobil branding yang mengkilap dengan logo perusahaan yang menyatu dengan bodi mobil. Ditambah lagi penampilan karyawannya yang rapi dan terlihat profesional dengan seragam yang menunjukkan identitas (ciri khas) perusahaan.

Desain-branding-logo-snack-dan-cemilan-Jasalogounik
Desain-branding-logo-snack-dan-cemilan-Jasalogounik

Bagaimana menurut anda jika mereka datang menyapa dan menawarkan layanan yang sama persis dengan perusahaan anda?

Kalau sudah begini, apa yang semestinya anda lakukan?

Saran saya adalah, jangan biarkan mereka selangkah lebih maju dari perusahaan anda!

Pesanlah desain logo perusahaan yang satu paket dengan desain branding

Mungkin seorang founder sudah memiliki logo yang menarik untuk perusahaannya, namun dikarenakan tidak mengetahui aturan penting dalam menggunakan suatu logo, akibatnya tidak ada keserasian antara logo perusahaannya dengan desain stationary dan identitiy milik mereka.

Oleh karena itu, penting sekali jika anda memesan desain logo perusahaan pastikan sudah termasuk desain branding stationary perusahaan. Sehingga perangkat desain anda lebih serasi dan profesional. (Baca: Ingin brand anda tampak profesional? Miliki Brand Book sekarang!)

Jasa-pembuatan-logo-Putra-Setra-by-Jasalogounik-dot-com
Jasa desain logo dan branding stationary by Jasalogounik.com

Demikianlah beberapa alasan Mengapa desain logo perusahaan harus dengan tampilan yang menarik? yang telah disajikan oleh tim Jasalogounik. Patut untuk diketahui, bahwa di luar negeri, logo tidak hanya sebatas pada icon bagi perusahaan tertentu. Namun, bisa menjadi lebih dari itu, diantaranya adalah logo akan menjadi lifestyle yang dibangkakan oleh setiap penggemarnya. Hal inipun tidak terbatas karena komitmen perusahaan dalam memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya, namun juga didukung oleh penyajian branding perusahaan melalui sarana visual (baik berupa desain logo dan perangkat desain lainnya) dan melalui sarana-sarana verbal lainnya. Sehingga, citra perusahaan dapat dikenal dengan baik dan profesional. (Baca: Mengapa desain logo perusahaan saya disukai oleh para pelanggan). [umar/jasalogounik]