Jasalogounik.com — Sukses bukanlah sesuatu yang dapat diraih dengan jalan praktis atau tanpa perjuangan. Pada kesempatan kali ini kami ingin melanjutkan pembahasan sebelumnya yang pernah kami publikasikan terkait, Ide Sederhana Agar Sukses Berwirausaha. Nah, berikut ini adalah sebuah artikel yang tidak kalah pentingnya dari artikel sebelumnya, Ini Langkah-langkah Untuk Sukses Berwirausaha. Selamat menyimak!

 

Hidupkan merk anda menjadi sebuah bisnis yang bernilai

Jalani sebuah usaha yang menjadi merk anda sendiri, maksudnya anda merintis usaha yang menjadi milik anda sendiri bukan milik orang lain atau anggota keluarga anda. Jalani usaha yang menjadi milik anda seutuhnya, buatlah merk atau brand anda sendiri, sehingga orang akan tau bahwa bisnis itu adalah milik anda. Jika memungkinkan, jalani sebuah usaha yang bukan hasil join (kerjasama) dengan rekan anda atau kerabat anda. Meskipun dengan “patungan” (kerjasama) dengan rekan akan menambah jumlah modal dan pertumbuhan bisnis semakin cepat.

 

Contoh-Packaging-Baju-Dengan-Kardus

Contoh Packaging Baju Dengan Kardus

 

Sayangnya, bisnis yang dijalankan dengan 2 orang atau lebih, beresiko berakhir dengan menyedihkan. Tidak jarang, jika mendapati problem dalam bisnis, pada akhirnya hanya saling lempar tanggung jawab. Atau katakanlah bisnis anda akan sukses, boleh jadi hubungan anda dengan teman anda tidak seakrab yang dulu, mungkin disebabkan kesenjangan pendapatan, upaya atau yang lainnya. Anda sebagai tulang punggung keluarga memiliki tuntutan ekonomi yang besar, tentu tidak menginginkan usaha anda penuh dengan resiko.

Keberhasilan adalah impian bagi setiap orang dan kesuksesan adalah bagian dari seni sebuah impian

Seandainya tidak ada pilihan lain dan harus join dengan rekan anda, maka pastikan ada kesepakan kerja yang jelas. Siapa yang menjadi penanggung jawab dan berapa besaran harga yang harus ditanggung bersama. Pastikan setiap perkara disepakati sedetail mungkin, untuk mengantisipasi percek-cokan di masa yang akan datang.

 

Jangan takut mengalami kegagalan

Belajarlah dari kegagalan, bersainglah dengan konsep yang jelas untuk memenangkan persaingan bisnis. Kemudian berfikirlah bagaimana memenuhi permintaan pasar. Ada 3 persoalan yang menjadi inti masalah ini, yaitu sebagaimana berikut ini:

Pertama, kegagalan adalah pelajaran yang tak pernah terlupakan. Atau boleh dibilang seseorang tidak akan pernah melupakan kegagalan yang dulu pernah menimpa dirinya. Tanpa bermaksud untuk menyalahkan orang lain, kita harus mengakui bahwa ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kegagalan. Kegagalan itu pahit, dan kesuksesan itu memang sebuah impian, namun sukses tanpa pernah gagal sepertinya itu adalah hal yang mustahil.

Kedua, bersainglah dengan “konsep” yang jelas. Maksudnya, anda harus memiliki konsep atau tahapan pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Apa rencana anda dan mau di bawa kemana usaha anda? Bila perlu, catat baik-baik apa yang menjadi motivasi anda untuk menjalani usaha tersebut? Ada baiknya anda melakukan survey dan perhitungan sederhana, sejauhmana usaha anda ini akan berkembang dan sukses? Misalnya membuat analisa SWOT. (Baca: Kiat sukses bisnis usaha kecil)

Ketiga, berfikir untuk kemjuan target pasar anda. Terlebih dahulu tentukan siapa target pasar anda? Low, middle atau high? Sehingga dana dapat anda salurkan secara proporsional. Kemudian, tampilan usaha dapat disesuaikan pula. Jika target bisnis anda adalah orang-orang yang memiliki mobil, maka idealnya lokasi usaha anda harus menyediakan kawasan parkir yang cukup. Pertimbangkan pula sejauhmana wawasan yang dimiliki untuk memenuhi kelas pasar yang dibidik.

 

Tidak ada jalan pintas menuju sukses

Setiap langkah adalah pelajaran agar bisa “naik kelas”. Hal ini berlaku untuk semua hal, dalam hal apapun dan dalam masalah apapun. Setiap orang harus belajar dan harus mau mengambil pelajaran. Mereka harus menjadi orang yang mau membangun pola pikir mereka. Dan mereka harus berfikir cerdas dan terus berusaha untuk mencoba menjadi lebih baik.

Mungkin ini sedikit yang dapat kami share-kan kepada pembaca. Semoga artikel tentang langkah-langkah untuk sukses berwirausaha dapat memberikan inspirasi dan clue yang bermanfaat agar bisa sukses berwirausaha. Mulailah dari hal yang sederhana, kemudian beranjak kepada hal yang lebih besar. Sesuaikanlah dengan kemapuan dan kerahkan segala yang memungkinkan secara rasional. [OmBranding]

 

 

Baca juga artikel berikut ini: