Jasalogounik.com – Halo Jilovers! Tetap sehat dan tetap semangat! “Ingin brand anda tampak profesional? Miliki Brand Book sekarang!”. Artikel ini adalah kelanjutan dari serial Brand Book yang telah dipersiapkan oleh tim Jasalogounik.com untuk kita bahas bersama-sama. Serial ini kami susun berangkat dari kesadaran kami akan pentingnya Brand Book bagi para pengusaha muda Indonesia.

Sebelum kita melanjutkan topik ini, tidak ada salahnya jika anda membaca dulu artikel kami sebelumnya, Dengan Brand Book, proses branding perusahaan menjadi optimal.

Oh ya, Jilovers masih ingat tentang pertanyaan pada artikel sebelumnya, “Apa korelasinya antara Brand Book, desain grafis dan branding perusahaan?”

Baiklah, sekarang tim Jasalogounik.com akan mencoba untuk menjawabnya.

 

Desain grafis sebagai sarana promosi

Hari ini, umumnya proses promosi biasa dilakukan dengan menggunakan sarana advertising. Mulai dari yang diperuntukkan kepada perusahaan kelas kakap seperti billboard atau baliho, sampai yang diperuntukkan kepada perusahaan start up seperti banner, katalog, poster atau brosur.

Untuk perusahaan kelas kakap, sarana promosi menggunakan jasa advertising yang biayanya bisa menghabiskan dana juataan sampai ratusan juta rupiah. Tergantung jenis, bentuk dan jadwal tayangnya.

Sedangkan untuk perusahaan start up, proses advertising bisa lebih murah dan mungkin saja dapat dicover sendiri untuk proses produksinya. Jadwal tayangnya pun bisa suka-suka.

Sebagai contoh, ketika anda baru pertama kali membuka usaha laundry, cara praktis untuk memperkenalkan bisnis baru ini kepada publik adalah dengan cara membuat promosi. Pilihan yang paling ekonomis adalah dengan membuat brosur.

Adapun supaya penampilan brosur lebih menarik, anda harus membuat desain brosur yang profesional tentunya. Bisa dikerjakan sendiri atau melalui jasa desai grafis.

 

Menyesuaikan desain logo dengan desain brosur perusahaan

Sebagai perusahaan start up yang sungguh-sungguh terjun dalam dunia bisnis, memiliki logo yang profesional merupakan suatu kewajiban. Sebab ini merupakan cara anda untuk mengawali branding perusahaan.

Memang, logo bukanlah segala-galanya dibandingkan dengan service yang kita berikan. Namun, service yang baik tidak bisa diekspansikan kepopulerannya melainkan dengan adanya logo yang profesional.

Praktis sekali, dengan adanya logo yang profesional, akan memudahkan anda memperkenalkan bisnis anda kepada publik luas dengan berbagai sarana media yang ada. Selain itu, logo perusahaan anda akan menjadi icon yang akan membedakannya dengan perusahaan lain.

Service perusahaan yang baik perlu untuk disajikan dalam bentuk desain grafis. Brosur adalah contoh yang paling sederhana. Ia akan sangat bermanfaat untuk meyakinkan calon pelanggan anda yang baru.

Perpaduan tepat antara logo dan desain brosur yang profesional, akan membawa dampak yang positif dan signifikan bagi publik. Apa yang membuat mereka tanpa ragu untuk memilih produk atau layanan perusahaan anda?

Tidak lain dan tidak bukan adalah karena mereka mendapatkan penyajian materi promosi yang baik melalui desain brosur menarik.

Jadi, desain grafis bisa merangkap 2 pekerjaan, pertama adalah promosi perusahaan, yang kedua adalah branding dari perusahaan itu sendiri. Seperti pepatah, sekali dayung dua-tiga pulau dilewati.

Adapun dalam rangka membuat brosur yang profesional, anda harus dapat mensinergikan karakteristik logo perusahaan, palette warna dominan dan keserasian elemen yang dibutuhkan dalam membuat brosur.

Brosur atau media promosi apapun harus sinergi dengan logo dan branding perusahaan. Sehingga setiap promosi yang dibuat nantinya tetap membawa karakter dan ciri khas perusahaan anda.

Cara ini merupakan langkah yang tepat untuk menanamkan memori kepada publik untuk membuat perusahaan anda menjadi terkenal. Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan ini akan diatur dalam Brand Manual Guidelines atau Brand Book.

 

Ingin-brand-tampak-profesional,-miliki-brand-book-sekarang-jasalogounik[dot]com

Ingin brand tampak profesional, miliki brand book sekarang – Jasalogounik[dot]com

Keterangan gambar: Desain poster yang diaplikasikan berdasarkan pedoman Brand Book Jasalogounik.com. Menerapkan beberapa aturan yang berlaku dalam tata letak dan tipografi. Sehingga desain apapun yang dibuat nantinya tetap membawa karakter dan ciri khas perusahaan.

 

Brand Book sebagai pedoman materi desain grafis

Perusahaan yang profesional, akan memperhitungkan bagaimana mereka menampilkan diri di hadapan publik. Adapun media promosi seperti billboard, katalog, brosur dan banner juga termasuk dalam hal ini.

Jadi, Brand Book adalah pedoman yang mengatur bagaimana menyajikan materi desain grafis perusahaan kepada publik. Agar diperoleh hasil yang serasi satu dengan yang lainnya. Sehingga, berbagai hasil printing atau cetak akan membawa karakter (identity) yang sama yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya warna, penataan desain dan fontnya.

 

Dengan-brand-book-anda-akan-mengetahui-mengatur-space-desain-perusahaan

Dengan Brand Book anda akan mengetahui mengatur space desain perusahaan

 

Sehingga, publik luas akan mengerti sejak awal bagaimana perusahaan anda akan dikenal. Ini merupakan hasil sederhana yang akan anda peroleh dengan branding melalui desain grafis.

Hasil tersebut tidak mungkin dicapai melainkan dengan adanya Brand Book. Karena Brand Book merupakan rujukan utama dalam menyusun dan membuat materi desain branding perusahaan.

 

Brand Book – desain grafis – branding perusahaan

Sampai di sini diketahui bahwa ada korelasi yang kuat dengan adanya Brand Book, desain grafis dan branding perusahaan.

Brand Book adalah buku pedoman yang menuntun bagaimana perusahaan anda menyusun materi desain grafis secara sinergis. Supaya branding perusahaan anda lebih efektif dan profesional.

Nah, Jilovers, kini anda sudah mulai memahami betapa pentingnya Brand Manual Guidelines atau Brand Book bagi pengusaha muda Indonesia. Setiap materi desain grafis perusahaan anda yang akan dicetak dan disebar-luaskan, semuanya diatur dalam Brand Book.

Ingin brand anda tampak profesional? Miliki Brand Book sekarang! Baca juga artikel kami selanjutnya, “Dengan Brand Book anda akan tau bagaimana menata space desain branding perusahaan.” [OmBranding/Jasalogounik]