Jasalogounik.com — Setiap orang dan lebih khusus mereka yang ingin beriwausaha, sukses adalah impian mereka. Namun, diantara mereka juga didapati yang masih menyimpan rasa pesimis akan katakutan mengalami sandungan selama menjalani usaha yang terbilang baru. Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa berwirausaha mandiri, adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin lepas dari jeratan ekonomi. Belum lagi gaji pokok pegawai swasta yang kurang dari cukup, sementara kebijakan pemerintah kadang mencekik rakyatnya. Berikut ini adalah Ide Sederhana Agar Sukses Berwirausaha sebagai tips sederhana untuk bisa sukses berwirausaha.

Awalnya ini adalah konsumsi pribadi, dan ini kami dapat dari salah seorang “guru” kami. Dulu, kami mengira bahwa tips ini hanyalah khayalan, yang tidak membawa pengaruh apa-apa dari usaha yang kami jalani. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan terus bergulir, ternyata tips yang kami dapat ada benarnya, dan insya Alloh bermanfaat pula bagi saudara saya sesama muslim yang ingin sukses berwirarusaha mandiri.

 

Pilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan & potensi diri

Sebagai pemula, mulailah dari hal yang kecil, tapi dengan visi yang benar. Terkadang seseorang mengabaikan hal yang sepele, namun sebenarnya mereka dapat merubah hal tersebut menjadi bernilai dan boleh jadi dapat dijadikan sumber pemasukan yang lebih dari cukup. Misalnya, usaha toples flanel, sejumlah kalangan mengabaikan usaha ini padahal bila dikerjakan dengan tekun, pada moment tertentu usaha ini dapat meraup keuntungan yang cukup banyak.

Namun, bagi orang-orang tertentu usaha ini terbilang sulit, karena menuntut kesabaran, kejelian, hoby dan alat yang menunjang agar dapat menyelesaikan pesanan secara praktis. Kemudian, contoh lainnya adalah usaha barang-barang daur ulang. Ini juga dapat dijadikan sebagai ide usaha, dan kuncinya adalah kreatif.

Pada kasus tertentu, boleh jadi seseorang memiliki kemampuan dan potensi dalam bidang akademik, dan mereka merupakan sarjana, namun tidak jarang mereka justeru menggeluti wirausaha yang menurut perkiraan orang tidak menguntungkan. Sementara itu, person yang menjalaninya dan dengan pertimbangan sendiri merasa lebih nyaman bekerja sendiri menjadi wirausaha dan meninggalkan profesi sarjananya.

Mulailah dari hal yang kecil, namun dengan visi, misi dan tujuan yang benar lagi pasti.

 

Nikmati indahnya berfikir kreatif

Anda harus melepaskan segala kepenatan dan tuntutan masalah yang sedang anda hadapi. Jika himpitan ekonomi telah membuat segalanya menjadi sulit, yakinlah bahwa Alloh Subhanahu wata’ala akan memberikan jalan keluar kepada Anda. Teruslah berdoa dan meminta hanya kepadaNya.

Luangkanlah waktu anda, barang beberapa jam (karena tidak mungkin dalam hitungan menit) untuk mengeksplorasi pengetahuan dan wawasan anda. Biarkan akal anda berfikir kreatif dan mengalir untuk mencari jalan keluar dari masalah ekonomi yang sedang dihadapi.

Desain-packaging-kalender

Desain packaging plus kalender

 

Lepaskan semua yang mengikat pikiran, sehingga terlahir ide yang menarik, ide yang unik dan kreatif. Banyak lho, mereka yang awalnya dulu dalam keadaan sempit, namun dengan ide yang kreatif dan direalisasikan dengan nyata, toh akhirnya mereka dapat sukses. Dan sudah barang tentu dengan usaha keras, disiplin dan tanggung jawab. Serta tetap beribadah kepada Alloh ‘azza wajalla.

Jadi, jangan mencari-cari jalan yang praktis dan tidak halal, dengan pesugihan, dukun atau sihir dan lainnya…

 

Bekerjalah dengan minat yang tinggi

Hal ini menjadi sangat penting, bahwa setiap usaha yang anda jalani dan anda menginginkan kesuksesan padanya, maka harus ada passion atau semangat yang membuat anda enjoy dalam menjalani usaha tersebut. Yang penting jangan sampai lupa waktu, dan mengganggu waktu-waktu ibadah, istirahat, makan dan waktu bersama keluarga.

Seorang muslim adalah makhluk sosial yang hidup dipunggung bumi, yang tetap harus menjalankan setiap perkara yang mengikat mereka dan menunjang kehidupan mereka dunia dan akhirat.

Kembangkan intuisi dan wawasan anda seluas mungkin. Hal tersebut harus dilakukan, untuk memperluas cakrawala bisnis anda sendiri.

Nah, mungkin ini dulu tips yang dapat kami share-kan kepada para pembaca sekalian. Insya Alloh kami akan mempublikasikan kelanjutan dari posting ini, yang nantinya akan mengupas lebih lanjut dan sebagai pelengkap dari Ide Sederhana Agar Sukses Berwirausaha. Semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi yang bermanfaat bagi anda. Kelanjutan dari artikel ini dapat dibaca pada halaman kami, Ini Langkah-langkah Untuk Sukses Berwirausaha. Semoga sukses, jangan lupa, kalau pesan desain logo di JasaLogoUnik ya! Sampai jumpa lagi. [Om Branding]

 

 

Baca juga artikel berikut ini: