Jasalogounik.com — Jika perusahaan anda adalah perusahaan yang memiliki daya saing tinggi dengan kualitas produk terjamin, menyertakan logo perusahaan pada kemasan produk menjadi hal yang sangat penting. Tidak peduli baru berapa lama perusahaan anda berdiri. Jika anda yakin produk anda benar-benar menjadi solusi dari setiap kebutuhan klien, keberadaan logo perusahaan pada kemasan produk adalah hal yang wajib. Simak ulasan artikel saya tentang Haruskah Menyertakan Logo Perusahaan Pada Kemasan Produk?

Keberadaan logo perusahaan pada kemasan produk akan meningkatkan daya saing dan merupakan identitas bagi produk anda. Sebelum beranjak lebih jauh, penting untuk diketahui bahwa logo perusahaan berbeda dengan logo produk itu sendiri. Logo perusahaan umumnya diletakkan disisi yang terdapat bar code, sementara logo produk terletak di bagian utama produk sebagai contohnya seperti gambar logo produk “Citro” berikut ini.

contoh kemasan permen mint
Contoh kemasan permen mint

Meski demikian, ada juga yang menggunakan fungsi logo perusahaan rangkap menjadi logo produk itu sendiri. Dalam kasus ini yang harus diperhatikan bahwa semestinya perusahaan tersebut memang hanya memproduknya 1 jenis produk saja. Walaupun variannya berbeda hal itu tidak terlalu bermasalah. Sebagai contohnya adalah logo perusahaan dari klien kami, Belantara Coffee. (Baca: Pengaruh sekejap mata desain logo profesional yang harus anda tau).

Jasa desain logo. Jasa branding logo. Jasa desain kemasan. Logo perusahaan pada kemasan produk.
Label Belantara Coffee

 

Pentingnya menyertakan logo perusahaan pada kemasan produk

Pada intinya, menyertakan logo perusahaan pada kemasan produk adalah suatu kewajiban, jika anda memang menginginkan karakter produk anda benar-benar dikenal. Mesekipun, idealnya harus membedakan antara logo produk dan logo perusahaan. Karena perusahaan tidak mungkin hanya memproduksi 1 jenis produk. Jika tidak demikian (tidak menyertakan logo perusahaan, red), meskipun produk yang anda jual berkualitas super, di mata publik tetap saja produk anda tidak berkualitas. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Contoh-pembuatan-logo-usaha-kopi-yang-tidak-profesional---Jasalogounik[dot]com
Label Warung Kopi

Persaingan pasar yang semakin ketat, menuntut seorang pengusaha untuk punya inovasi yang kreatif agar dagangan mereka laku. Lagi dan lagi, tujuannya adalah semata-mata untuk membangun branding image yang positif di mata publik. Sebab, tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa setiap ada produk baru, pertama kali yang menjadi penilaian publik adalah pada kemasannya. (Baca: Desain logo yang baik adalah sarana untuk menciptakan branding yang baik)

Lebih mendetail lagi, logo merupakan identitasnya. Sehingga, ketika logo sudah dikenal, produk-produknya pun menjadi dikenal. Jika yang dikenal oleh publik hanya produknya saja (apalagi nama produknya, yang mungkin mudah sekali untuk ditiru), maka ketika perusahaan meluncurkan produk baru, respon pasar akan lamban.

 

Logo perusahaan pada kemasan produk, strategi untuk menyentuh minat konsumen

Termasuk diantara cara untuk menarik perhatian pasar terhadap produk anda adalah dengan membuat logo produk plus menyertakan logo perusahaan anda. Keduanya ideal sekali jika digunakan dan disertakan pada setiap kemasan produk anda. Keuntungannya, jika produk anda sukses, hal itu bisa dijadikan sebagai amunisi untuk mempromosikan perusahaan anda dan produk-produk anda yang lainnya.

Penggunaan logo pada kemasan produk dapat meningkatkan value perusahaan anda. Hal ini sangat terlihat jelas pada segmen fashion seperti kaos distro, kemeja kelas premium, butik dan lain sebagainya. Jika anda berhasil membangun branding yang baik, logo anda kan terus dikenang dan setiap atribut yang ada akan digunakan oleh masyarakat.

Yakinlah bahwa anda bisa membuat pelanggan anda loyal dengan perusahaan anda. Tentunya harus ada banyak upaya yang harus anda lakukan. Komitmen terhadap setiap pelayanan, membuka mata dan telinga terhadap setiap komplain dari pelanggan dan terus berbenah diri dari setiap kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan.

Apa tujuan dari menyertakan logo pada kemasan produk?

Tidak lain dan tidak bukan tujuan utamanya adalah sebagai bentuk dari identitas perusahaan itu sendiri. Setiap konsumen yang teliti akan mempertimbangkan dari mana asal produk yang akan dia beli dan siapa produsennya?

Karena konsumen yang teliti adalah konsumen yang mempertimbangkan kualitas mutu dari barang yang dia beli. Suatu produk yang berkualitas akan mencantumkan nama perusahaan dan logo yang dimilikinya. Menempatkan logo pada letak yang tepat pada produk anda akan memudahkan konsumen untuk membanding-bandingkan produk lain yang mungkin akan dibeli.

Selain itu, logo pada produk anda membuat orang akan berkata, “Oh… ini adalah produk dari perusahaan A, saya yakin kualitasnya pasti sesuai dengan harapan saya.” Atau ia akan mengatakan, “Saya percaya, produk dengan logo perusahaan A, pasti memberikan kualitas yang sesuai dengan harapan saya.”

Logo akan lebih mudah diingat konsumen

Umumnya orang yang lebih mudah mengingat sebuah simbol atau gambar dalam mengenali sesuatu yang baru. Karena tidak jarang dari para pelanggan atau konsumen yang membeli produk berdasarkan simbol, gambar dan bentuk yang mereka ingat dalam kemasan produk. Nama perusahaan cenderung sulit untuk dihafal dan mungkin ada beberapa kalimat atau kata yang sama dengan perusahaan lain. Kebanyakan nama perusahaan di Indonesia terdiri dari 3 kata dan umumnya banyak memiliki kesamaan. Contohnya, seperti klien Jasalogounik.com: PT. Berkat Saputra Abadi, PT. Cahaya Tiga Pesona, PT. Mahaputra Jaya Abadi, PT. Agro Nusantara Jaya (Jungle Coffee) dan lain sebagainya.

Jasa desain logo profesional. Jasa buat logo. Jasa pembuatan logo. Logo perusahaan pada kemasan produk.
Desain brosur profesional by Jasalogounik.com

Dengan adanya logo atau icon, hal ini akan memudahkan konsumen untuk mengingat dan memilih produk yang benar-benar berkualitas. Oleh sebab itu, bagi para perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya logo pada sebuah kemasan produk, mereka harus berfikir kritis Bagaimana memilih logo perusahaan yang tepat untuk kemasan produk?

Logo adalah bagian dari branding. Jika ingin membangun branding yang baik, anda harus memiliki logo yang baik. Fungsi logo menjadi semakin penting ketika perusahaan atau produk anda sudah mulai diakui kualitasnya. Contoh sederhananya seperti produk larutan penyegar. Ada yang diproduksi oleh cap Badak dan ada yang diproduksi oleh cap Kaki Tiga. Jadi, bagaimana cara membedakan produk larutan penyegar yang berkualitas, sementara kedua kemasannya hampir sama? Jawabannya adalah dengan membedakan brandnya (dalam hal ini adalah “cap”-nya).

Logo merupakan strategi bisnis yang jitu untuk memudahkan pemasaran. Logo adalah salah satu sarana promosi terbaik, apalagi jika kualitas produk anda benar-benar top. Jika sudah tumbuh kepercayaan, tanpa banyak berfikir, publik akan membeli setiap produk anda.

Setelah anda mengetahui betapa pentingnya menyertakan logo pada kemasan produk, selanjutnya Bagaimana memilih logo perusahaan yang tepat untuk kemasan produk? Tentu tidak boleh asal. Logo anda ibarat identitas perusahaan anda. Setiap orang akan memperhatikan logo perusahaan yang terpampang pada produk anda. Logo perusahaan yang baik adalah logo yang dapat memberikan kesan positif kepada konsumen. Selain akan tumbuh kepercayaan, logo yang berkesan akan membuat mereka mudah untuk mengingatnya. [Umar/Jasalogounik]

 

 

Related Post: