Jasalogounik.com – Saya telah mendapatkan pelajaran penting ketika sudah berkecimpung lama dalam dunia. Ada banyak hal yang saya peroleh ketika terjud dalam dunia desain grafis selama hampir 1 dekade (khususnya desain logo). Nah, kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang fakta desain logo profesional yang kebanyakan orang belum tau.

Pada awalnya, saya tidak terlalu memperhatikan dengan baik beberapa persoalan ini. Namun, setelah membaca satu artikel berbahasa Inggris tentang “Logo design tips…” saya pun merasa mendapatkan ilmu baru.

Bagi saya, ilmu ini sangat penting, karena berkaitan secara langsung tentang “nasib” suatu bisnis.

Kabar baiknya, dengan senang hati saya akan berbagi ilmu tersebut kepada anda semua.

Bagi siapa ilmu ini harus diketahui? Pertama, bagi para desainer. Kedua, bagi para owner bisnis.

Fakta desain logo profesional yang akan saya ungkap disini berkaitan tentang beberapa hal berikut ini:

  1. Seperti apakah logo yang dapat berperan efektif untuk branding
  2. Seperti apakah logo yang paling cocok untuk bisnis anda
  3. Bagaimana tips penting yang harus diterapkan agar desain logo tidak terkesan membosankan

Ketiga poin diatas akan dijabarkan dalam bentuk poin-poin yang akan saya jabarkan berikut ini.

Perubahan logo Adidas

Desain logo tidak harus berbicara tentang apa yang dilakukan oleh perusahaan

Mungkin anda pernah mengira, bahwa desain logo untuk restoran, maka harus menonjolkan gambar makanan. Atau desain logo perusahaan property harus menonjolkan gambar rumah. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun anda juga harus tau, bahwa pada kasus tertentu logo tidaklah harus dibangun berdasarkan apa yang dikerjakan oleh perusahaan.

Kebanyakan brand-brand besar, justeru logo mereka tidak berkaitan langsung dengan apa yang mereka jual atau apa yang mereka tawarkan. Misalnya, logo Adidas tidak menggunakan gambar sepatu, logo Apple Computer tidak menggunakan gambar monitor, logo Billabong tidak menggunakan gambar baju, dan lain sebagainya.

Cobalah anda bayangkan, jika brand-brand yang saya sebutkan diatas harus menggunakan gambar yang berkaitan langsung dengan apa yang dijual oleh perusahaan, maka apakah logo perusahaan mereka akan lebih baik?

Tentu tidak!

Oleh karena itu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengharuskan desainer logo mengerjakan suatu desain logo yang justeru tidak baik untuk masa depan brand anda. (Baca: Pengaruh sekejap mata desain logo profesional yang harus anda tau).

Contoh lainnya adalah, logo laundry. Logo untuk bisnis ini tidak harus menggunakan gambar hanger atau gelembung sabun. Meskipun, memang betul, jika kita menggunakan kedua gambar tersebut untuk logo laundry maka orang lain akan lebih mudah mengenalinya.

Memang benar, namun hal ini mungkin hanya berlaku untuk target market tertentu. Tapi ketika brand tersebut sudah semakin besar atau target marketnya luas, maka konteks logo yang harus diterapkan pun harus sudah berubah.

Desainer yang kreatif, akan berusaha untuk memikirkan konsep yang justeru kebanyakan orang tidak pernah membayangkan sebelumnya, bahkan oleh desainer logo sekalipun. Itulah yang saya sebut dengan konsep desain logo yang unik, profesional dan original.

Bisa dibayangkan, jika setiap logo laundry menggunakan gambar hanger atau gelembung, maka akan ada banyak sekali logo laundry yang memiliki desain yang mirip, identik dan generik. Jika hal ini terjadi, maka branding suatu bisnis laundry akan menjadi tidak optimal dan sulit. Karena, sudah tidak ada lagi diferensiasi diantara logo bisnis laundry.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mau membayar harga yang sedikit lebih mahal agar desain logo perusahaan mereka stand out dari para kompetitornya. Bagi mereka, promosi adalah jauh lebih penting daripada branding yang efisien.

Inilah poin pertama tentang fakta desain logo yang kebanyakan orang belum tau.

Tidak semua desain logo membutuhkan symbol

Bagi desainer yang kreatif, ada 1.000 jalan yang dapat mereka tempuh untuk menyuguhkan desain logo yang profesional. Selama terjalin komunikasi yang baik antara desainer dan klien, serta pengetahuan mereka tentang branding terbina dengan baik, maka mewujudkan konsep desain yang relevan untuk bisnis adalah hal yang sangat mungkin untuk direalisasikan.

Taukah anda, bahwa tidak semua logo membutuhkan symbol? Nah, inilah kenyataannya.

Saya telah mendapati pada kasus tertentu, suatu bisnis tidak membutuhkan logo yang mengandung symbol. Sehingga, desain logo untuk bisnis mereka hanya terdiri dari tulisan (Wordmark/Typography). Bahkan, kadang-kadang permintaan itu datang dari owner perusahaan secara langsung.

Pada dasarnya, apa sih keunggulan logo yang dibuat dalam bentuk Wordmark atau Typography?

Jawabannya adalah: Apa yang dilihat adalah apa yang diingat!

Maksudnya adalah, ketika seseorang melihat Wordmark logo yang terdiri dari 1 kata atau 2 kata, maka ia akan membaca logo tersebut dan sekaligus akan mengingat nama brand-nya.

Misalnya, jika seseorang melihat logo Supreme, maka secara tidak disadari ia akan mengingat logo dan nama brand-nya secara langsung. Jika seseorang melihat logo Snakcie Snack, maka ia akan menghafal bentuk logonya dan nama brand-nya secara langsung. Betul?

Penting untuk diingat, bahwa setiap logo Wordmark atau Typography, maka desain logonya harus dibuat dalam bentuk yang unik dan memiliki karakter yang kuat (khas). Sehingga, orang yang melihat logo tersebut akan merasa tertarik, mudah dikenali dan mudah untuk diingat.

Sayangnya, tingkat kesulitan dalam membuat logo jenis ini kadang-kadang lebih sulit daripada membuat logo dengan menggunakan symbol. Terutama jika nama brand-nya mengandung banyak huruf. Jika demikian, maka seorang desainer logo harus memperhatikan anatomi setiap huruf secara teliti agar terbaca dengan baik dan tidak terjadi mispersepsi di kemudian hari. (Baca: Desain logo yang baik, untuk menciptakan branding yang baik).

Perubahan logo Google (meniadakan efek drop shadow dan gradien warna kontras).

Tidak hanyut dalam trend

Sebagaimana yang telah disadari, bahwa trend itu datang dan pergi. Logo untuk bisnis atau untuk suatu brand yang besar, tidak seharusnya hanyut dalam trend. Mengapa?

Logo yang mengikuti trend biasanya akan mendapat perhatian pada kurun waktu tertentu saja (dalam beberapa tahun), namun setelah itu akan dilupakan dan ditinggalkan. Padahal, tujuan dibuatnya logo itu tidak hanya untuk 5 tahun atau 10 tahun saja, namun untuk selama-lamanya asalkan masih tetap relevan dengan bisnis.

Logo yang hanyut dalam trend akan mudah usang, tidak relevan dan bahayanya adalah logo tidak lagi disukai oleh para penggemarnya.

Sebagai contoh, dulu sekitar tahun 90-an ada banyak sekali logo website yang menggunakan efek drop shadow (efek bayangan hitam di belakang logo). Sehingga, ada banyak perusahaan menggunakan cara ini untuk mengesankan bisnis mereka mengikuti trend di zaman itu.

Namun, bagaimana dengan sekarang? Justeru logo-logo yang menggunakan efek drop shadow dianggap sebagai logo yang tidak profesional.

Dulu, ada banyak sekali logo perusahaan yang menggunakan efek gradient yang kontras. Namun, pada hari ini justeru kebanyakan logo profesional sama sekali tidak menggunakan efek gradient yang kontras dan cenderung dibuat dengan 1 atau 2 warna flat.  (Baca: Desain logo yang baik, untuk menciptakan branding yang baik).

Kemudian, apa yang terjadi pada tahun-tahun berikutnya?

Beberapa perusahaan yang sudah terlanjur menggunakan logo yang sempat menjadi trending terpaksa harus merombak logo mereka. Hingga pada akhirnya mereka harus mengeluarkan dana yang cukup besar nilainya.

Demikianlah diantara fakta tentang desain logo yang kebanyakan orang belum tau, bahkan mungkin oleh sebagian desainer logo.

Perlu saya tekankan, bahwa ada kalanya konsep desain logo yang sudah ada di benak klien bisa langsung diterapkan oleh desainer. Namun, terkadang konsep yang dibawa oleh klien “sulit” atau hampir tidak mungkin diterapkan.

Jika hal ini terjadi, maka 3 poin yang telah saya jabarkan diatas bisa menjadi jalan alternatif untuk mendapatkan desain logo yang profesional. Pertanyaannya, apakah bisnis anda sudah memiliki desain logo yang profesional? [Jasalogounik.com/ombranding]

Related Post: