Jasalogounik.com – Brand Manual Guidelines atau yang dikenal dengan Brand Book, rupanya masih cukup asing didengar oleh para pengusaha muda Indonesia. Di internet, artikel berbahasa Indonesia yang membahas tentang Brand Book masih cukup jarang kita temui.

Oleh karena itu, tim Jasalogounik.com merasa perlu untuk mengulasnya sedikit. Kali ini, kami langsung melangkah pada topik bahasan, “Dengan Brand Book, proses branding perusahaan menjadi optimal.” Bagaimana cara kerjanya, yuk kita simak artikel berikut ini.

Hmm… kalau kita membaca judul artikel ini, mungkin akan muncul beberapa pertanyaan. Misalnya, “Jadi, apakah kalau sudah punya Brand Book, nanti brandingnya jauh lebih top dari pada yang belum punya Brand Book?”

Atau ada lagi yang bertanya, “Apakah kalau sudah punya Brand Book, proses brandingnya jadi melejit secepat kilat dari pada tidak punya Brand Book?”

Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas, mari kita pelajari dulu step by stepnya, sebenarnya apa sih Brand Book itu?

Apa itu Brand Manual Guidelines atau Brand Book?

Sederhananya, Brand Manual Guidelines atau Brand Book adalah buku manual yang akan menjelaskan bagaimana menggunakan logo perusahaan pada tempat yang tepat. Tidak hanya logo, lebih dari itu, yaitu menyelaraskan penggunaan logo dengan elemen lainnya dari material desain grafis perusahaan.

Brand Book itu adalah buku yang menuntun kita agar dapat mengoptimalkan setiap materi desain branding secara efisien dan konsisten.

Jadi, pada dasarnya, bahwa Brand Book ini adalah dokumen yang sudah seharusnya dimiliki oleh para pengusaha muda seperti anda. Karena ia adalah bekal penting dalam membangun sebuah brand perusahaan yang profesional dan tertata rapi.

Contoh Brand Book perusahaan susu, GoodNyt
Contoh Brand Book perusahaan susu, GoodNyt

Brand Book memuat standar kerja perusahaan dalam desain grafis

Setiap brand, mulai dari toko online atau startup, baik perusahaan raksasa seperti Nike atau Apple, mereka pasti memerlukan seperangkat buku pedoman branding. Yaitu buku pedoman yang menjadi rujukan terhadap standar kerja perusahaan dalam bidang visual (desain grafis).

Tidak lain dan tidak bukan, buku pedoman yang dimaksud adalah Brand Manual Guidelines atau Brand Book.

Jadi, sampai di sini kita sudah mendapatkan secercah titik terang yang menjlentrehkan (menjelaskan) apa itu Brand Book. Pada intinya, Brand Book adalah buku manual yang merincikan bagaimana kita menggunakan logo perusahaan secara tepat dan rapi. Yang dipadukan dengan elemen desain grafis lainnya secara harmonis.

Lalu, apa korelasinya antara Brand Book, desain grafis dan branding perusahaan? Yuk kita lanjut pada artikel berikutnya ya!

Pada kesempatan ini, cukup sekian dulu artikel pendahuluan dari tim Jasalogounik.com yang membahas tentang, “Dengan Brand Book, proses branding perusahaan menjadi optimal”. Terima kasih karena sudah menyimak artikel kami dengan seksama.

Adapun kelanjutan dari topik bahasan ini, silahkan kunjungi halaman artikel kami berjudul,Ingin Brand Anda Tampak Profesional? Miliki Brand Book Sekarang! Salam sukses selalu. [OmBranding/Jasalogounik]