Jasalogounik.com – Pada artikel sebelumnya berjudul, Ingin brand anda tampak profesional? Miliki Brand Book sekarang! telah disinggung bagaimana cara menyusun materi desain grafis untuk branding perusahaan yang profesional. Tidak diragukan lagi bahwa desain grafis memang memiliki peran yang sangat penting dalam proses branding perusahaan. Baik perusahaan start up maupun perusahaan besar yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis.

 

Sulitnya menata space desain

Menyusun materi desain grafis baik untuk brosur atau poster ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah. Para desainer secara umum juga banyak yang merasakan sulitnya menata space desain agar benar-benar efektif dan efisien.

Pasalnya, tak sembarang informasi dan permainan ukuran font yang boleh diterapkan dalam kasus membuat desain brosur atau poster. Sebab, desain itu tak hanya bertujuan agar tampilannya menarik, namun informasi juga tetap terbaca dengan baik.

Pernahkah anda mengamati brosur atau poster yang ditempel di dinding atau space iklan di sekitar anda? Jika tulisan disetting terlalu kecil dan tidak rapi, besar kemungkinan informasi di dalam poster tersebut tidak akan terbaca oleh orang yang lalu lalang.

Adapun untuk brosur yang disusun oleh teks yang terlalu banyak dan penataan yang tidak teratur, akan mengesankan brosur tersebut membosankan dan tidak menarik. Jika demikian halnya, maka anggaran biaya promosi anda menjadi tidak efektif dan terbuang sia-sia.

 

Apa solusinya?

Untuk dapat menyusun materi desain grafis dengan baik dan didapat hasil branding yang baik pula, ada tiga hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

Pertama, cermat. Anda harus cermat dalam mengatur susunan kata yang paling efektif untuk digunakan dalam sebuah brosur atau poster. Sehingga tidak terlalu banyak teks yang dimuat dalam space brosur atau poster.

Kedua, desain. Anda harus bisa menata elemen desain brosur atau poster sehingga dapat ditampilkan dengan baik. Selain itu tidak boleh ada terlalu banyak gambar atau dekorasi yang tidak perlu. Apalagi dekorasi-dekorasi yang tidak ada kaitannya dengan branding perusahaan anda.

Ketiga, layout. Anda harus tau prinsip dasar penataan layout yang benar dalam desain grafis. Termasuk dalam hal ini adalah brosur atau poster. Sehingga, materi tulisan yang dimuat tersusun secara sistematis, mulai dari headings dan body text.

Jika dikatakan, “Kok membuat desain brosur atau poster aja dibikin ribet? Serahkan saja kepada ahlinya, yaitu desainer grafis, kan beres…”

Justeru karena itulah kami ingin mengemukakan kepada anda, bahwa setiap desainer memiliki “gaya” mereka yang berbeda-beda. Dari hari ke hari, dan dari waktu ke waktu. Meskipun pekerjaan desain perusahaan anda diserahkan kepada orang yang sama.

Tak banyak desainer yang memahami bahwa setiap perusahaan memiliki “gaya” yang berbeda pula dalam hal karakter materi desainnya. Dan tak banyak desainer memahami bahwa “gaya” yang dimiliki perusahaan tertentu tidak boleh diaplikasikan kepada materi desain perusahaan yang lain.

Karena, karakter materi desain perusahaan akan membawa karakter brandingnya. Sehingga tidak boleh dicampur antara karakter desain perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, perusahaan anda harus memiliki SOP dalam kasus desain seperti ini. Apa SOP-nya? Hal itu telah dimuat dalam buku manual yang dikenal dengan Brand Book.

 

Ingin-brand-tampak-profesional,-miliki-brand-book-sekarang-jasalogounik[dot]com

Ingin brand tampak profesional, miliki brand book sekarang – Jasalogounik.com

Dengan Brand Book anda akan tau bagaimana menata space desain branding perusahaan

Jadi, Brand Book memiliki fungsi bagaimana cara mengatur space pada setiap desain branding perusahaan. Kabar baiknya lagi, bahwa Brand Book tidak terbatas pada bagaimana mengatur space desain brosur atau poster saja.

Bahkan lebih dari itu, yaitu mengatur berbagai space atau layout dalam berbagai materi desain lainnya. Katalog, presentasi, poster, voucer, header jejaring sosial (instagram, facebook, twitter, WA, dll) atau materi desain lainnya.

Ada banyak sekali materi desain yang akan dibuat jika perusahaan anda aktif mempromosikan diri kepada publik, sebagai sarana branding perusahaan. Mungkin perusahaan anda juga perlu membuat company profile sebagai sarana mempromosikan perusahaan dengan cara yang lebih luxury. Semua telah diatur dalam Brand Book.

Dengan demikian, ketika anda sudah memiliki Brand Book, berarti anda dapat mempertahankan karakter desain branding perusahaan anda secara konsisten. Kalaupun dikerjakan oleh desainer yang berbeda, hasilnya dapat dipastikan akan sama dengan karakter desain anda sebelumnya. Karena sudah ada pedomannya di dalam Brand Book.

Bahkan, mungkin anda dapat mengoreksi desainer anda, jika ada hal-hal yang dilanggar dalam buku manual branding, Brand Book. Misalnya mengganti layout dan pewarnaan logo yang tidak tepat. Atau menambahkan warna yang tidak termaktub dalam gaya warna branding perusahaan anda.

 

Mempormosikan perusahaan pada setiap materi desain

Selama perusahaan masih hidup, promosi tidak akan mengenal kata berhenti. Adapun promosi tak selamanya harus melalui brosur atau banner. Akan tetapi, bisa juga melalui perangkat desain stationary dan company profile perusahaan.

Desain stationary seperti kartu nama, kop surat, stopmap, amplop atau goodie bag harus membawa karakter utama desain logo dan desain branding perusahaan. Sehingga tetap serasi dan juga harmonis.

 

Branding-leather-company---putra-setra---Jasalogounik[dot]com

Branding leather company – Putra Setra – Jasalogounik.com

Di dalam Brand Book, telah dipaparkan bagaimana menggunakan materi desain perusahaan secara tepat dan teratur. Serasi dengan desain kelengkapan lainnya, baik yang sudah dibuat, sedang dibuat dan akan dibuat di masa yang akan datang.

Brand Book disusun oleh tim Jasalogounik.com disesuaikan dengan “gaya” perusahaan yang bersangkutan. Jadi, beda perusahaan, maka beda pula Brand Booknya. Pun demikian halnya, akan berbeda pula karakteristik dan penataan materi desainnya.

Sekian dulu ulasan sederhana tim Jasalogounik.com tentang, “Dengan Brand Book, anda akan tau bagaimana menata space desain branding perusahaan”. Kami segenap tim Jasalogounik.com masih memiliki beberapa artikel lainnya tentang Brand Book. Selanjutnya, kami akan, Menjawab pertanyaan apa keuntungan memiliki Brand Book”. [OmBranding/Jasalogounik]