Jasalogounik.com — Kesadaran publik akan pentingnya menciptakan branding yang baik untuk usaha mereka, kini selaras dengan semakin menjamurnya penyedia jasa desain grafis di internet. Pada kesempatan ini saya hendak mengangkat tema tentang bagaimana cara mengenali desainer logo amatir.

Semua orang pasti percaya bahwa branding yang baik akan berdampak secara signifikan terhadap sebuah merek. Alasan inilah mengapa usaha yang baru tumbuh akan lebih menitik-beratkan perhatian mereka pada sektor branding.

Pada saat yang sama kita juga menyaksikan, bahwa sekarang keberadaan jasa desain grafis di internet sudah sangat banyak. Berbeda sekali dengan 5 tahun yang lalu, ketika saya baru merintis Jasalogounik.com (2012), di mana masih sangat sedikit sekali ditemukan para pemain di bidang penyedia jasa kreatif ini.

Banyaknya penyedia jasa desain yang ada, sudah sepatutnya membuat anda semakin selektif untuk menentukan pilihan yang tepat. Selain juga soal budget atau dana yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, juga bagaimana kualitas desain yang ditawarkan, apakah benar-benar sesuai dengan kriteria perusahaan anda.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa desain logo memiliki fungsi yang sangat vital bagi branding perusahaan atau merek anda. Ia dianggap sebagai peran kunci yang menjadi ujung tombak bagi sebuah branding itu sendiri. Sebagaimana yang telah saya singgung pada artikel sebelumnya, bahwa untuk memulai branding yang baik, tentu saja harus diawali dengan desain logo yang baik. (Baca: Desain logo yang baik untuk branding yang baik)

 

Cara mengenali desainer logo amatir

Sebagai seorang pengusaha, tentu mengharapkan desain logo yang representatif dengan perusahaan atau merek mereka. Tentunya mereka tidak ingin kehilangan banyak waktu dan uang hanya untuk mendapatkan karya desian logo yang asal-asalan dan tidak profesional.

Logo bukanlah hanya sekedar tumpukan dari berbagai objek yang tersusun. Namun, logo adalah hasil karya seni yang terlahir dari proses berfikir, analisa, eksperimen dan pengalaman, kemudian dipadukan dengan kreatifitas. Sehingga desain logo yang dibuat memiliki filosofi yang tepat dan relevan dengan perusahaan atau merek anda.

Desain logo yang profesional tidak mungkin bisa didapat dalam waktu 1 jam atau 2 jam. Akan tetapi, proses pengkajian yang dalam ketika membuat logo, menuntut seorang desainer menghabiskan waktu beberapa hari untuk mendapatkan konsep yang cemerlang. Sehingga ketika desainer logo benar-benar telah menyelesaikan pekerjaannya, karyanya benar-benar memiliki kesan yang mendalam yang membuat orang akan senang ketika melihatnya.

Itulah alasan mengapa dalam proses pembuatan logo itu memerlukan waktu hingga beberapa hari.

Oleh karena itu, jika anda tidak ingin salah alamat ketika memesan desain logo untuk memulai branding, tidak ada salahnya jika anda mempelajari bagaimana cara mengenali desainer logo amatir. Sebagaimana yang telah saya rangkum pada artikel ini.

 

Menggunakan terlalu banyak efek

Pertama-tama yang perlu diperhatikan ketika ingin mengenali karya desain logo amatir adalah dengan melihat bagaimana penggunaan efek yang mereka terapkan dalam sebuah logo. Misalnya penggunaan efek shadow (bayangan) pada elemen desain logo mereka.

 

Contoh logo amatir 2

Logo amatir: terlalu banyak efek & dekorasi

 

Penting untuk diketahui, bahwa dalam dunia desain logo, efek bayangan sama sekali tidak dibutuhkan keberadannya. Bisa anda perhatikan pada karya-karya desain logo profesional yang ada, sama sekali tidak menggunakan efek bayangan sedikitpun.

Kedua, ciri yang nampak terlihat pada karya desain logo amatir adalah adanya efek gradien atau kombinasi warna yang terlalu kontras. Telah diketahui, bahwa gradien adalah perubahan warna atau transisi warna menuju warna yang lainnya dan terjadi secara berangsur-angsur.

 

Endrun

Contoh logo amatir

 

Sebaliknya, desainer logo yang profesional cenderung menggunakan warna-warna solid yang tidak membutuhkan gradiensi warna. Kalaupun itu harus, maka penggunaannya pun dalam batas yang wajar dan mampu memberikan kesan yang diinginkan. Bukan malah membuat desain logo menjadi pudar atau kehilangan intonasi warna dan filosofinya.

 

Menggunakan terlalu banyak font

Pada dasarnya tidak ada aturan yang baku untuk membatasi berapa maksimal jenis font yang diperbolehkan dalam sebuah logo. Akan tetapi, secara etika, para desainer senior sepakat bahwa semakin banyak jenis font yang digunakan akan semakin membuat layout desain semakin berantakan. Terlebih dalam hal ini adalah desain logo.

 

 

Contoh logo amatir 3

Logo amatir: terlalu banyak jenis font

 

Anda dapat memperhatikan bahwa desainer logo amatir akan menggunakan variasi jenis font yang sangat banyak dan tidak selaras dalam sebuah logo.

 

Membuat desain logo yang generic & overuse

Apa sih sebenarnya Generic Logo atau disebut juga Overuse Logo? Kedua istilah tersebut biasanya dikonotasikan pada karya desain logo yang sudah terlalu sering digunakan.

Jadi, umpamanya ada desain logo yang bertemakan Eco Friendly, biasanya akan berputar pada elemen daun-daunan, air atau bumi. Atau pada logo perusahaan Property, logo-logo yang ada biasanya hanya berbentuk variasi atap rumah yang monoton.

Hal ini akan mengakibatkan hilangnya differensiasi (perbedaan) antara logo perusahaan satu dengan lainnya. Sehingga logo-logo yang ada lebih terkesan mirip atau identik dan tidak kreatif. Kalaupun ada perbedaan, itupun tidak bergeser terlalu jauh.

Oleh karena itu, jika merek anda ingin terlihat berbeda dengan kompetitor yang lain, anda harus memiliki desain logo yang Stand Out dari kejumudan. Maksudnya, anda harus bisa mendapatkan desain logo yang tidak generic atau overuse.

 

Logo amatir: desain logo terlalu generik.

Logo amatir: desain logo terlalu generik.

 

Adapun diantara sebab-sebab yang mungkin mendorong desiner logo amatir membuat logo yang overuse diantaranya:

  • Tidak mau berfikir keras, alasannya akan menjadi beban fikiran yang terlalu besar.
  • Tidak mau mengeksplorasi dan bereksperimen, alasannya sketsa yang terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga.
  • Minimnya katalog ide yang kreatif, dipengaruhi oleh pengalaman dalam bidang desain logo. Sehingga, tidak cukup referensi dan inspirasi untuk melahirkan karya desain logo yang unik, profesional dan original.
  • Hasil dari aplikasi logo generator yang banyak tersebar di dunia maya.
  • Hanya memodifikasi ulang logo orang lain, karena tidak cukup kreatif dan terkesan memaksakan diri menerima tawaran dari klien yang diluar kesanggupannya.

Patut untuk diakui, bahwa membuat karya desain logo yang benar-benar unik dan original tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu pengalaman dan jam terbang yang tinggi.

 

Mendaur ulang logo orang lain

Ada banyak sekali karya-karya desain logo yang begitu hebat diluar sana. Dan desainer logo amatir berfikir bahwa dengan melakukan sedikit perubahan pada logo tersebut, kemudian mengklaim sebagai hasil jerih payahnya adalah cara terbaik untuk membuat kliennya senang.

Mungkin itu ide yang sangat bagus! Akan tetapi, siapa yang peduli? Toh pada kenyataannya klien tidak ambil pusing atau mau bersusah payah memeriksa keaslian logo mereka di mesin Google.

Oke, baiklah, mari kita sebut saja tindakan itu sebagai: men-cu-ri

 

contoh logo plagiat

Logo amatir: mendaur ulang logo orang lain

 

Desainer logo amatir tidak akan berfikir dari sudut pandang ini. Mereka hanya berfikir bagaimana membuat klien puas, testimoni hebat, tanpa mau bersusah payah dan memeras otak untuk mendapatkan desain logo yang original.

 

Menggunakan format file yang salah

Ciri dan kebiasaan lain dari desainer logo amatir adalah, membuat logo dengan program Photoshop. Jangan khawatir, mereka mungkin menawarkan kepada anda kualitas gambar dengan resolusi besar. Katakanlah 5.000 pixel atau 10.000 pixel. Dengan kerapatan 300dpi. Dan anda mungkin percaya hal ini tidak masalah. Karena resolusi gambar yang sangat besar dengan detail yang terlihat jelas 😀

Yaa… benar sekali, tapi itu tetap saja format yang salah untuk master file desain logo. Dan anda tidak membutuhkan ukuran file sebesar itu untuk logo anda.

Ada banyak software yang bisa digunakan untuk desain grafis, tapi tiap software memiliki tujuan masing-masing untuk apa program itu dibuat. Sedangkan, untuk tujuan membuat desain logo tentu saja bukan menggunakan format PSD (Photoshop).

 

Kesimpulan

Saya selaku desainer logo di Jasalogounik.com berpesan kepada siapa saja yang bermaksud membuat logo untuk perusahaan mereka, hendaklah mereka jeli dan teliti. Tidak ada salahnya anda memperluas wawasan tentang desain grafis, khususnya tentang desain logo.

Bisa saya simpulkan, bahwa tidak ada jasa desain logo yang menawarkan harga sangat murah. Kecuali anda menginginkan desain logo yang copy-paste. Sebab, para profesional pasti lebih menyukai fokus pada pekerjaan mereka dari pada menjadi Mr. SerbaBisa.

Maksudnya, jasa di bidang desain kreatif adalah profesi utamanya, bukan sebagai pekerjaan sampingan sebagai mahasiswa atau marketing, dengan tujuan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Tidak ada salahnya anda membanding-bandingkan beberapa hasil karya penyedia jasa desain logo yang ada dan anda perhatikan website dan kumpulan karya mereka. Apakah website mereka dikelola secara profesional? Apakah logo-logo mereka representatif dan real? Dan apakah profesi mereka fokus di bidang tersebut ataukah itu hanya sebagai pekerjaan sampingan mereka?

Saya memiliki tips sederhana yang bisa anda praktekkan untuk memeriksa berapa banyak hasil desain logo yang generic dan overuse yang ada di internet. Pertama, Gunakanlah mesin pencari Google, kemudian mulailah mengetik kata “Desain logo property” atau “Green logo inspiration” atau sesuaikan dengan katagori perusahaan anda. Disana akan terlihat berapa banyak logo yang mirip-mirip dan sangat sedikit hasil karya desain logo yang benar-benar unik dan original.

Kedua, untuk tingkatan yang lebih tinggi, desain logo yang profesional akan terlihat lebih dinamis, berkesan dan menyimpan pesan tersembunyi yang unik. Berbeda sekali ketika anda melihat karya-karya desain logo amatir, yang lebih kaku, statis, dan tidak memiliki sesuatu yang membuat orang menjadi terkesan ketika melihatnya. (Baca: Desain logo perusahaan saya disukai oleh para pelanggan).

Demikianlah beberapa hal sederhana yang dapat dijadikan bekal untuk mencari desainer logo profesional yang sesuai dengan kriteria anda. Teliti sebelum memilih dan maksimalkan budget anda untuk membangun branding yang efektif dengan desain logo yang unik.

Adapun Jasalogounik.com adalah salah satu penyedia jasa desain grafis yang fokus pada bidang desain logo profesional dan branding stationary. Dan Alhamdulillah, kami telah berpengalaman di bidang ini sejak tahun 2012.

Kami menawarkan desain logo yang unik, profesional dan original. Kami juga berkomitmen bahwa setiap karya desain logo yang dibuat merupakan hasil dari pola pikir, ide dan jerih payah kami. Dengan bekal yang memadai dan resep rahasia desain logo yang berkelas, kami siap untuk menjadi bagian penting yang akan membantu merombak brading anda menjadi lebih efektif dan profesional. Semoga artikel kami tentang “Cara mengetahui desainer logo amatir” bermanfaat buat anda. Sudahkah merek anda memiliki desain logo yang profesional? [OmBranding/jasalogounik]

 

 

Baca juga artikel berikut ini: