Jasalogounik.com – Banyak sekali founder perusahaan  yang sering mengabaikan tampilan logo untuk bisnis mereka. Hingga saat ini fungsi logo hanya diakui sebatas ikon sederhana yang diletakkan pada sudut amplop, kartu nama atau kop surat perusahaan (yang dikenal dengan istilah desain branding stationary). Berikut ini adalah Beberapa saran untuk founder perusahaan ketika ingin membuat desain logo.

Saran pertama: pilih desainer logo yang berkelas

Bentuk logo yang sangat sederhana dan simple, seringkali dipandang sebelah mata dan hanya dihargai puluhan ribu sampai ratusan ribu saja. Selain itu, masih sulitnya menemukan desainer logo yang benar-benar profesional dan fokus dalam menekuni bidang desain logo. Sehingga karya-karya logo yang terlahir lebih cenderung monoton dan generik (umum). (Baca: Cara mengenali desainer logo amatir).

Oleh karena itu, saran pertama dan yang paling penting untuk founder perusahaan adalah pilihlah desainer logo yang berkelas untuk meningkatkan branding perusahaan anda. Jangan mudah tergiur dengan tarif murah yang ditawarkan oleh desainer-desainer logo yang amatir, yang kurang faham filosofi dan prinsip fundamental dalam membuat desain logo.

Logo amatir: desain logo terlalu generik.
Logo amatir: desain logo terlalu generik (terlalu umum dan banyak dipakai orang).

saran untuk founder perusahaan

Saran kedua: Hindari karya desain logo yang monoton

Telah diakui, bahwa desain logo yang monoton adalah penghambat utama dalam proses branding, sehingga akan melemahkan daya saing. Saran saya untuk founder perusahaan adalah bahwa anda harus teliti dan kritis dalam melihat karya-karya desain logo dari para desainer grafis. Seleksi desainer grafis yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan disibukkan dengan proses revisi yang berkepanjangan.

Jika logo yang anda miliki adalah sangat generik atau banyak digunakan orang, maka anda akan sulit untuk stand out dari para kompetitor anda. Ketika logo perusahaan anda memiliki karakteristik yang sama dengan brand yang lain, maka nilai plus yang anda tawarkan atau yang dimiliki oleh perusahaan menjadi sirna dan tak terlihat.

Situasi demikian menjadi hambatan tersendiri untuk bisa memaksimalkan desain logo dan branding perusahaan agar lebih menarik dan profesional. Karena desain logo cenderung itu-itu saja dan hanya sebatas modifikasi warna dan tata letak.

Sebagai contoh, biasanya desain logo property hanya terdiri dari atap dan jendela, atau pada logo untuk perusahaan kontraktor hanya berbentuk susunan bangunan pencakar langit.

Jasa-desain-logo-profesional-dan-branding-berkelas-dengan-konsep-menarik-Jasalogounik
Desain logo yang profesional dan berkelas harus melalui proses sketsa dan seleksi konsep yang rumit by Jasalogounik.com

saran untuk founder perusahaan

Spekulasi desain logo hanya sebatas itu dan tidak banyak berubah antara logo perusahaan satu orang dengan orang lain. Hal demikian tentu akan melemahkan daya saing dan daya tarik terhadap target potensial yang lebih luas.

Barangkali seorang founder sudah memiliki desain logo yang menarik, namun dikarenakan tidak mengetahui aturan penggunaan logo, akibatnya tidak ada keserasian antara logo perusahaan dengan desain stationary mereka. (baca: Ingin brand anda tampak profesional? Miliki Brand Book sekarang!)

Jasa desain logo perusahaan dan corporate branding untuk perusahaan logistic dan pengiriman pake. Jasa desain car branding dan banner perusahaan logistic by Jasalogounik
Jasa desain logo perusahaan dan corporate branding untuk perusahaan logistic by Jasalogounik.com

saran untuk founder perusahaan

Saran ketiga: Order desain logo yang satu paket dengan desain branding stationary

Oleh karena itu, penting sekali jika anda memesan desain logo, pastikan sudah termasuk desain branding stationary perusahaan. Sehingga perangkat desain anda lebih serasi dan profesional.

Desain logo itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Dan sudah seharusnya perangkat desain grafis dan branding perusahaan dikerjakan dalam waktu yang sama dan berkesinambungan. Dalam bahasa lugasnya adalah pekerjaan desain branding tidak dicicil dari satu tahun ke tahun berikutnya.

Jika anda bermaksud membuat desain logo yang berkelas dan serius untuk mengingkatkan branding perusahaan anda secara optimal, maka pilihlah 1 paket sekaligus, mulai dari logo, hingga branding stationary. Inilah saran untuk founder perusahaan yang harus mendapatkan perhatian yang lebih.

Saran keempat: Tidak ganti desainer

Hal ini mungkin terdengar aneh, namun demikianlah semestinya. Ketahuilah bahwa desain logo itu memiliki ciri khas dan karakteristik yang unik. Oleh karena itu, meletakkan setiap elemen logo tidak boleh sembarangan, agar dapat meraih tujuan yang diinginkan. Demikian pula dalam proses desain branding stationary, ia pun tidak boleh asal-asalan.

Ketika anda ganti satu desainer ke desainer yang lain, maka anda sedang berusaha untuk mengumpulkan berbagai “karakter” suatu karya desain. Hal ini tidak akan mungkin berhasil.

Pilih desainer yang tepat dan mintalah untuk menyelesaikan proyek desain branding anda hingga tuntas. Karena desainer logo yang anda pilih adalah lebih tau bagaimana membuat desain branding yang tepat dan selaras secara visual.

Demikianlah 4 saran untuk founder perusahaan yang wajib untuk diketahui. Saya pun ingin mengajak anda untuk beranjak pergi dari situasi yang sulit ini agar menyadari betapa pentingnya memiliki desain logo perusahaan yang menarik dan profesional. Berikut ini saya ingin mengemukakan beberapa alasan yang sekiranya menjadi bahan pertimbangan buat anda di masa depan. Mengapa desain logo perusahaan harus dengan tampilan yang menarik? Anda akan menemukan jawabannya pada link tersebut. [umar/jasalogounik]

saran untuk founder perusahaan