Jasalogounik.com — Tujuan utama menyertakan logo perusahan pada produk anda adalah sebagai bentuk dari identitas dan untuk menumbuhkan branding perusahaan. Setiap konsumen yang teliti pasti akan mempertimbangkan dari mana asal produk yang akan dia beli dan siapa produsennya?

Pada artikel terdahulu saya sudah memaparkan kepada anda tentang pertanyaan Haruskah Menyertakan Logo Perusahaan Pada Kemasan Produk? Nah, mungkin di benak anda akan muncul pertanyaan, “Kira-kira logo yang seperti apa yang cocok untuk produk saya?” Berikut dengan senang hati saya akan berbagi tips bagaimana memilih logo perusahaan yang tepat untuk produk anda.

Apa spesialisasi perusahaan anda?

Ini adalah pertanyaan pertama yang harus anda jawab. Perusahaan anda bergerak di bidang apa? Elektronik, furniture, aksesoris atau makanan ringan? Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang konsen dengan produk atau katagori tertentu.

Misalnya makanan ringan sehat bebas kolesterol. Value katagori produk ini terletak pada kata “bebas kolesterol”, jadi pastikan semua produk makanan ringan anda harus menepati hal tersebut. Langkah selanjutnya, adalah menentukan nuansa logo yang ingin anda pilih. Misalnya gambar jantung sehat, hal ini sebagai arti bahwa makanan yang bebas kolesterol adalah makanan yang tetap menjaga jantung tetap sehat. Nah, ini adalah contoh sederhana dari saya dan tim Jasalogounik.com. (Baca: Dapatkan desain logo profesional dan lampaui kompetitor anda mulai dari sekarang).

Tips memilih logo perusahaan untuk kemasan produk

Ada beberapa tips sederhana bagaimana memilih logo perusahaan yang baik untuk kemasan produk anda, diantaranya adalah sebagaimana berikut ini:

Desain logo yang mudah diingat

Tadi sudah saya singgung sebuah contoh dari logo produk untuk perusahaan makanan ringan. Gambar jantung, disini akan memudahkan orang mengingat logo perusahaan anda. Meskipun nama perusahaan anda tidak ada kaitannya dengan medis atau jantung, hal itu bukanlah suatu masalah besar.

Pada intinya anda ingin membuat konsumen anda mudah dalam mengingat logo perusahaan anda. Selain itu, logo jantung akan merepresentasi produk anda. Jadi, tanpa harus menjelaskan secara bertele-tele kepada konsumen, mereka sudah faham bahwa perusahaan anda adalah sebuah perusahaan yang memproduksi makanan ringan bebas kolesterol.

Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa anda harus komitmen dan bisa membuktikan filosofi logo anda sendiri. Misalnya anda harus menunjukkan nutrition fact pada produk anda, bahwa memang benar bebas kolesterol dan rendah kalori.

Logo perusahaan yang baik adalah logo yang mudah diingat, ini kata kuncinya. Terserah apa kreasi dan imaginasi anda, tapi buatlah logo anda sesuai dengan pesan produk yang ingin “diangkat” dan ditonjolkan. Hal itu bisa membantu para konsumen dan calon konsumen untuk mengingat produk perusahaan anda. (Baca: 4 alasan penting mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo yang profesional).

Ada differensiasi yang jelas

Logo perusahaan anda harus berbeda dengan logo rival anda. Termasuk diantara cara-cara yang nekat jika membuat logo mirip atau identik dengan rival anda. Hal itu menunjukkan perusahan anda tidak kreatif dan tidak memiliki daya saing.

Untuk meyakinkan konsumen bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang bermutu, munculkanlah sebuah ide yang belum pernah terfikirkan oleh konsumen anda, bahkan oleh rival perusahaan anda. Logo untuk produk harus berbeda dari para pesaing lainnya. Pembuatan logo untuk kemasan produk yang unik dan berbeda dengan rival perusahaan sangat membantu dalam rangka mensukseskan program branding dan pemasaran.

Maka, sebaiknya Anda menghindari pembuatan logo yang hampir sama atau identik dengan logo perusahaan yang mendahului anda. Karena hal itu justru akan menurunkan kredibilitas perusahaan dan menandakan bahwa anda adalah salah satu korban dari program branding perusahaan lain. Kerugiannya adalah, konsumen akan mengira bahwa produk anda merupakan hasil rekayasa dari produk perusahaan yang anda tiru. Dalam jangka panjang value produk dan perusahaan anda pasti akan menurun di mata konsumen. (Baca: Beberapa saran untuk founder perusahaan ketika ingin membuat desain logo)

Jasa desain website Company Profile profesional untuk Corporate dan Start-Up. Jasa desain logo dan branding identity perusahaan profesional by Jasalogounik. Logo Wijaya Teknik
Desain logo perusahaan produk metal working, Wijaya Teknik by Jasalogounik.com

 

Desain logo yang baik yang awet sepanjang masa

Keuntungan memiliki logo yang awet adalah anda tidak perlu berfikir ulang dan menghabiskan biaya yang banyak dalam proses rebranding. Terlalu sering mengganti logo membuat konsumen menjadi bingung dan lupa dengan perusahaan anda. Akan ada lebih banyak biaya yang terbuang sia-sia untuk menyesuaikan perubahan karena redesain logo

Akan tetapi, jika memang mengharuskan mengganti logo perusahaan anda karena beberapa faktor penting (misalnya sudah tidak relevan, kemiripan dengan logo perusahaan lain, kesalahan persepsi, kerumitan, etc), pastikan bahwa warna dan bentuk yang mendominasi tidak terlalu jauh berbeda. (Baca: Apa alasan perusahaan harus mengganti logo mereka? Apakah redesain logo dianggap penting?).

Melakukan redesain logo memang penting, jika tujuannya adalah untuk meningkatkan branding perusahaan atau untuk meningkatkan value-nya.

Strategi yang tepat agar logo anda tetap awet adalah dengan menghindari mengikuti tren desain logo. Misalnya saja tren logo dengan tema GO Green, dimana tren logo tersebut paling umum digunakan pada banyak logo. Contohnya logo yang menggunakan simbol daun-daunan, sebagai logo yang pernah menjadi tren pada era tahun 2000 an. Logo tersebut adalah sebuah logo yang sangat generic (umum, lumrah), banyak kesamaan dengan perusahaan lain, sehingga differensiasinya kurang mencolok.

Jika perusahaan anda mengharuskan untuk menyertakan elemen daun pada sebuah logo, pastikan anda benar-benar memilih desainer yang tepat yang dapat mengolah elemen daun menjadi logo yang berkesan dan profesional.

Logo perusahaan harus bersifat fleksibel

Logo perusahaan akan digunakan dalam berbagai keperluan, baik marketing, percetakan, foto profile, watermark dan termasuk juga logo produk. Pastikan bahwa logo anda memiliki fleksibilitas yang baik, dari segi warna, elemen dan tata letaknya. Karena logo perusahaan untuk produk seharusnya tidak menyulitkan penempatannya, disebabkan elemennya yang tidak balance. Selain itu, seharusnya logo untuk kemasan produk harus mudah untuk diifentifikasi dan diamati, maksudnya logo tidak terlalu rumit.

Logo perusahaan yang anda pilih nanti akan digunakan pada berbagai kemasan produk dengan nada warna yang berbeda-beda. Sedangkan logo untuk kemasan produk biasanya disetting pada ukuran yang cukup kecil. Sehingga bentuk dan karakter logonya harus lebih tegas. Perhatikan pula bahwa penempatan logo pada produk tidak boleh asal dan sembarangan, konsultasikan masalah ini pada desainer anda.

Mungkin logo perusahaan anda akan dicetak untuk stiker, akrilik, stempel atau untuk neon box. Jadi, anda juga harus memiliki pertimbangan yang jelas, apa saja tujuan logo yang akan anda buat. Kebanyakan logo produk makanan atau minuman masih memiliki kebebasan yang cukup luas. Berbeda dengan logo untuk perusahaan otomotif, logo-logo mereka harus sesimpel mungkin, namun tetap membawa jiwa modern dan canggih, seperti logo-logo mobil mewah pada umumnya. (Baca: Desain logo yang baik adalah sarana untuk menciptakan branding yang baik)

Jasa branding kemasan packaging makanan roti snak Bakehaus by Jasalogounik. Cara promosi efektif di musim lebaran yang patut untuk anda coba.
Jasa branding kemasan packaging makanan roti snack Bakehaus by Jasalogounik

 

Logo perusahaan untuk kemasan produk harus memiliki point of interest

Sampai disini menurut saya sudah cukup untuk memberikan beberapa penjelasan sederhana, Bagaimana memilih logo perusahaan yang tepat untuk kemasan produk? Kuncinya adalah, logo harus memiliki point of interest atau dapat disebut juga daya pikat yang baik.

Dengan demikian, konsumen akan selalu ingat dengan brand anda dan juga produk yang anda jual.

Kini anda telah memahami betapa pentingnya logo bagi perusahaan anda, lebih spesifik lagi adalah bagi kemasan produk anda untuk mencapai kemenangan di berbagai persaingan pasar.

Demikian informasi inspiratif yang dapat saya dan tim Jasalogounik.com bagikan kepada anda. Artikel ini kami olah dari berbagai sumber dan dari beberapa pengalaman saya tentang desain logo dan branding. Jika anda sedang mencari desainer untuk logo untuk perusahaan anda, sekarang anda berada pada tempat yang tepat.

Kami adalah tim jasa desain logo unik, profesional dan original. Melayani pembuatan desain logo untuk UKM, perusahaan, instansi atau yang lainnya. Jika anda ingin melihat sejumlah daftar klien kami, silahkan kunjungi halaman Klien Kami. Untuk melakukan pemesanan silahkan kunjungi halaman Design Brief yang telah kami sediakan, atau dapat dilakukan melalui Kontak Kami. [Umar]

Related Post: