Jasalogounik.com  – SEO (Search Engine Optimizer) adalah tindakan terstruktur yang dilakukan dalam sebuah website dan mensinergikannya dengan mesin pencari, seperti Google, Yahoo dan Bing. Ini adalah cara yang digunakan oleh webmaster sebagai pelaku SEO untuk meningkatkan trafik (pengunjung) dalam sebuah website, melalui bantuan mesin pencari tersebut.

Semakin berkembangnya media elektronik, informasi dan seiring meningkatnya pengguna internet, SEO menjadi bagian penting dalam sebuah website. Walaupun, SEO itu sendiri sebenarnya bukan bagian darinya secara langsung.

Tentu saja, peningkatan pengguna internet itu sendiri kini telah mendorong para provider website (domain dan hosting) mengajak orang lain untuk membangun apapun melalui media internet, yaitu dengan membuat website. Terutama bagi mereka para pengusaha produk dan jasa, media informasi, company profile dan lain-lain. Dengan website maka sama halnya ia telah memperkenalkan dirinya kepada jutaan atau lebih dari pengguna internet yang ada di dunia.

Meningkatnya pengguna internet, pun hal ini membuat seseorang berfikir untuk berlomba-lomba membangun sebuah website atas nama pribadi atau perusahaan. Tujuannya sangat beragam, diantaranya sebagai wadah berbagi informasi, jual-beli, forum, jejaring sosial, company profil, toko buku, online shop, warta berita, khas daerah dan lain-lain.

Begitu banyak website pada hari ini membuat pengguna internet mengalami kesulitan mengingat dengan baik website mana yang sedang ia cari. Tentu saja jutaan nama domain di dunia ini tidak akan mampu diingat oleh setiap orang. Dan tidak akan mungkin setiap orang tahu berapa dan apa website terbaru yang sedang diluncurkan dalam satu hari, dan apa saja informasi yang ada di dalamnya.

Google, sebagai mesin pencari yang paling dikenal oleh pengguna internet, adalah “mesin pencari” elektronik yang ada di dunia maya. Kalau dalam sebuah Computer Anda lupa meletakkan file atau folder yang berisi tentang data-data penting, maka Anda akan menuju ke Explorer dan memilih menu “Search”.

Hanya dengan mengetik satu atau dua kata yang bersangkutan dengan file atau folder yang Anda cari, dalam kolom search, lalu klik “OK”, maka secara otomatis Computer Anda akan melakukan scanning untuk menemukan nama file atau forder yang sedang dicari. Dalam dunia maya, seperti itulah cara kerja Google sebagai mesin pencari di dunia maya.

Infotmasi apa saja yang ingin Anda ketahui dalam rangkaian dunia maya, kunjungi www.google.com dan perlakukan ia sebagai “search” yang ada di Computer Anda. Dalam hitungan detik, maka ia akan mencoba menampilkan apa yang sedang Anda cari. Segala hal yang ada dalam dunia maya, akan terhubung dengan Google. Begitu juga cara kerja mesin pencari yang lain, seperti Bing.com, Yahoo.com, Ask.com, Microsoft.com dan mesin pencari lainnya.

Sebagai system yang bekerja secara otomatis, Google dan kawan-kawannya tentu saja mereka tetaplah berperilaku sebagai mesin. Tidak akan bekerja kecuali sebagai mana yang telah diprogram oleh webmaster mereka. Mesin pencari ternyata tidak akan menghubungi website yang tidak dikenal dan tertutup darinya.

Dengan demikian, memiliki website di dunia maya, bukan berarti secara otomatis Google akan berkenalan dengannya, dan saat orang lain melakukan searching melalui Google, ia akan menampilkan hasil pencarian.

Pepatah saya, “Perlakukanlah Google itu sebagai pembaca yang sebenarnya. Bahkan, Google merupakan pengunjung website yang paling manja.”

Google tidak akan berkunjung ke website Anda lagi ketika website Anda sulit dibaca oleh system. Konten yang kosong, menyebabkan Google tidak ingin membagi informasi website Anda kepada orang lain. Padahal, ada jutaan orang yang berkunjung ke Google, untuk menanyakan informasi yang sedang mereka butuhkan.

Disinilah SEO itu menjadi hal yang sangat penting untuk website Anda. JasaLogoUnik, akan bekerja untuk memudahkan Google bersahabat dengan website Anda. Lebih dari itu, kami akan memperlakukan hal yang sama untuk mesin pencari yang lain, yaitu Bing.com. Sudahkan Anda memberikan SEO pada website Anda?

Oleh: Tim SEO JasaLogoUnik

Related Post: