Jasalogounik.com – Sudah bukan hal yang luar biasa untuk sekarang ini, bahwasanya logo sangat mudah didapatkan. Hal ini mengingat banyaknya desainer-desainer di negeri ini. Mencari mereka mudah, harganya pun sangat variatif dan bersaing. Berikut ini kami ingin mengajak pembaca untuk mengetahui 4 alasan mengapa harus memiliki logo. Berikut kita simak kisahnya.

Soal kualitas dan kepuasan itu persoalan masing-masing, dan selera orang pasti beda-beda. Hanya saja, kalau bicara etika logo yang baik, pastilah ada “rambu-rambunya”.

Nah, saat ini, kita akan ngobrol sedikit dari sudut pandang marketing dan Brand Identity. Yaitu, “logo”.

Yup! Logo adalah identitas suatu usaha. Bagaikan sebuah nama yang disandang oleh setiap orang. Tentunya, Anda akan lebih mudah mengingat nama, daripada mengingat-ngigat ciri-ciri yang sangat detail, walaupun itu mungkin. Sebelum mereka mengenal lebih dekat apa identitasnya.

Mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo?

Tak kenal maka tak sayang, bagitu kata pepatah.

Oleh karena itu, untuk persoalan Brand Identity, memperkenalkan produk, brand atau perusahaan kepada publik adalah sangat penting. Adapun salah satu cara yang paling efektif adalah melalui desain logo yang profesional.

Adanya logo, akan memudahkan kita untuk memperkenalkan suatu bisnis kepada orang lain. Demikian pula halnya, orang lain akan mudah mengingat sesuatu yang sederhana dan simple, namun memiliki daya tarik yang hebat. Dan yang saya maksud dalam hal ini adalah desain logo.

Seseorang tentu akan sangat mudah mengenal sebuah logo. Karena bentuknya simple dan biasanya logo memang dibuat se-menarik mungkin, sehingga setiap orang suka untuk melihatnya dan mudah untuk mengingatnya.

Oleh karena itu, desain logo yang baik adalah yang unik dan mudah diingat.

Mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo?

Karena pada dasarnya manusia lebih mudah mengingat gambar atau icon yang simple. Hal inipun akan dapat menjadi “alat” untuk memudahkan suatu bisnis mudah dikenal oleh publik sebagai target konsumennya.

Agar klien merasa yakin dan mengakui kelebihan-kelebihan produk yang kita tawarkan. Sebab, produk yang bagus, tidak akan bisa berbuat banyak saat tidak ada klien yang mengenalnya.

Yang lebih penting, “brand” yang kita miliki harus memiliki diferensiasi (perbedaan yangkuat) dan mudah diingat. Hal ini bertujuan agar publik atau target konsumen dapat dengan mudah membedakan antara produk atau brand milik anda dengan produk atau brand dari sejumlah kompetitor. (Baca: Pengaruh sekejap mata sebuah desain logo yang harus anda ketahui).

Jasa desain logo dan branding stationary perusahaan. 4 alasan mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo
Branding stationary PT. Citra Warna Muliatama by Jasalogounik.com

1. Representasi dari visi dan misi usaha

Sebuah logo mampu bercerita banyak tentang nilai-nilai usaha, dan akan mengambarkan apa yang akan disediakan atau disajikan oleh usaha tersebut. Logo yang baik ia seolah berbicara kepada klien, menceritakan latar belakang bentuk dan desainnya. Itulah pentingnya memilih desainer yang mengerti betul teori filosofi logo. Dan tidak hanya itu, tetapi juga mampu memadukannya dalam icon yang simpel, unik, profesional dan original, sehingga semuanya dipadukan, maka jadilah sebuah logo yang unik dan kreatif.

2. Memberikan branding image yang baik dan konsisten

Usaha akan lebih mudah dikenali dengan logo yang unik dan berbeda dari usaha sejenis. Secara konsisten, gunakan logo Anda pada setiap aspek usaha. Mulai dari kartu nama, kop surat, website, blog, email, kemasan, seragam, kendaraan operasional, kantor, dll. (Baca: Desain logo yang baik adalah sarana untuk menciptakan branding yang baik).

3. Memudahkan konsumen dan calon konsumen mengenali usaha

Dengan menempatkan LOGO di setiap aspek usaha, maka akan memudahkan konsumen untuk mengenali usaha Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menjalin hubungan dengan konsumen dan menggaet konsumen baru. (Baca: Cara sederhana agar perusahaan anda selalu diingat oleh konsumen).

4. Logo adalah pondasi penting dari suatu branding

Branding adalah kumpulan image usaha. Sebuah Brand yang bagus hendaknya dimulai dengan logo yang bagus. Dengan branding yang tepat, usaha bisa menemukan tempatnya di hati konsumen.

Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang Desain grafis adalah sarana untuk menciptakan branding yang baik, bahwa desain logo adalah pondasi yang paling penting bagi suatu branding.

Jika anda membicarakan tentang brand-brand terkenal, seperti Apple, Samsung, Adidas, Toyota, Honda, Mitsubishi, Mercedez Benz atau brand-brand lainnya, maka secara tidak langsung anda akan memperkenalkan logo-logo perusahaan tersebut, bukan slogan-slogannya, seperti apa warna-warna, seragamnya atau yang lainnya.

Betul bukan?

Oleh karena itu, logo adalah bagian terpenting untuk mengawali suatu branding.

Namun, patut diketahui, bahwa logo itu bukanlah branding.

Branding adalah kumpulan image usaha. Sebuah Brand yang bagus hendaknya dimulai dengan desain logo yang bagus. Dengan logo yang profesional, branding yang tepat, maka usaha anda pun bisa menemukan tempatnya di hati konsumen.

Sebuah logo harus memiliki ciri khas khusus dan memiliki filosofi yang relevan dengan perusahaan anda. Sebuah logo setidaknya memiliki elemen “khas” yang nantinya ia akan menjadi “warna” yang membubuhi suatu branding produk atau perusahaan.

Jika perpaduan dan kompisinya tepat, maka ia akan memunculkan keharmonisan antara satu elemen dengan elemen yang lainnya. Sehingga akan ada keterkaitan dengan logo dan branding perusahaan itu sendiri. Karenanya, dari kejauhan konsumen akan familiar dengan warna, corak dan ciri khas yang dimiliki oleh perusahaan.

Perpaduan branding yang tidak harmonis, justeru akan membingungkan konsumen. Tidak hanya itu, branding yang tidak harmonis hanya akan membuang-buang biaya yang tidak perlu. Karenanya biaya promosi akan membengkak dan banyak dana yang mubadzir. (Baca: Branding, dan bagaimana pengaruhnya bagi konsumen).

Jasa branding logo profesional berkelas untuk lampaui kompetitor anda!
Geometry Golden Ratio, Logo GAP, by Jasalogounik.com

Setelah anda mengetahui 4 alasan penting mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo yang profesional, maka apakah anda merasa mendapatkan sesuatu yang baru tentang branding?

Apakah anda sudah mulai berfikir untuk merombak brand milik anda atau perusahaan yang sudah anda jalankan?

Patut untuk diketahui, bahwa kini sudah mulai banyak perusahaan yang peduli dengan branding mereka, agar citra yang dikenal oleh publik membawa kesan yang baik. Kemudian, mereka dapat lebih dekat dengan calon konsumen atau setidaknya mereka sudah menyita “kepercayaan” konsumen untuk membeli produk mereka.

Sudah banyak perusahaan yang mengambil langkah yang pasti untuk memajuka brand mereka. lalu, bagaimana dengan anda?

Apakah anda sudah memiliki logo yang profesional?

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada anda dan bisa mendorong anda untuk mengambil langkah yang pasti.

Agar tidak jauh tertinggal dari kompetitor anda yang lain, segera dapatkan desain logo yang unik dan profesional di Jasalogounik.com. Atau, jika anda merasa logo anda saat ini kurang memiliki daya saing, maka anda dapat merombaknya dengan melakukan konstruksi ulang terhadap logo sehingga anda lebih merasa percaya diri. (Baca: Dapatkan desain logo profesional dan lampaui kompetitor anda mulai dari sekarang).

Bila anda berminat untuk memesan logo pada kami, silahkan lihat info selengkapnya pada halaman Design Brief. Nah, setelah membaca artikel 4 alasan mengapa setiap perusahaan harus memiliki logo yang profesional, tidak ada salahnya jika anda menambah wawasan penting tentang pengaruh logo profesional bagi perusahaan. Yaitu yang telah kami sajikan pada kami lainnya Pengaruh sekejap mata sebuah desain logo yang harus anda ketahui. [OmBranding/Jasalogounik]